PERBEDAAN DASAR TRADING DAN INVESTASI SAHAM

Written by Holis Syaputra, June 20, 2020

Apakah anda telah mengetahui perbedaan trading dan investasi saham yang akan kita bahas hari ini ? Perbedaan trading dan investasi saham ternyara masih banyak membuat kita bingung dalam pengertianya secara dasar, ternyata masih banyak orang yang belum ketahui tentang makna diantara keduanya. Meski keduanya sama–sama metode keuangan dan aktivitas di ranah capital market, ternyata ini membuat kebanyakan kebingungan.

Lalu Apa Perbedaanya? 

Perbedaan yang paling terlihat adalah terletak pada jangka waktu yang diperlukan. Selain itu, dalam prinsip dan strateginya juga berbeda. Untuk melihat lebih jelas perbedaan kedua bisa kita dapat pelajari dalam penjelasan dari masing-masing aspek

Investasi Saham 

Investasi saham biasanya dilakukan dari berbagai kalangan baik pebisnis maupun masyarakat awam. Ini karena caranya yang sangat mudah. Kegiatan ini dilakukan dengan membeli sejumlah saham kemudian menyimpannya ketika harga mulai naik. 

Meski tidak selamanya saham akan naik, tetapi pemilik saham biasanya tidak begitu terpengaruh dengan turunya harga saham karena pada waktu yang tepat saham tersebut akan naik kembali dan bahkan bisa lebih tinggi lagi.

Salah satu perbedaan trading dan investasi saham yang mencolok ketika kita membahasnya dalam rana investasi adalah jangka waktu yang digunakan. Dalam saham biasanya akan menahan saham yang dimiliki dalam jangka panjang, bisa satu sampai dua tahun, nah inilah yang disebut dengan investor. Penahanan saham ini tentunya memiliki beberapa alasan seperti, menunggu mendapatkan keuntungan yang maksimal, atau takut keadaan semakin buruk, serta masih banyak lagi. Namun, bagi Anda para pemegang saham tidak perlu takut karena biasanya resiko yang mengancam tidak terlalu besar. sebaliknya yang banyak dilakukan dengan keluar masuk market dalam waktu dekat adalah aktivitas yang dilakukan trader saham atau trading yang dilakukan trader saham 

Trading Saham 

Nah, Terlihat sangat jelas perbedaan antara saham dan trading saham memiliki tingkatan yang lebih tinggi. Ketika saham bisa dimiliki oleh masyarakat awam lain halnya dengan trading saham harus dimainkan oleh trader yang berpengalaman serta sudah paham betul mengenai seluk beluk dunia saham.

Selain itu dalam segi investasi waktu juga sangat jauh berbeda. Trader berpengalaman biasanya mendedikasikan seluruh hidupnya untuk bisa memperoleh keuntungan sebanyak–banyaknya dalam waktu singkat seperti yang sudah kita bahas dalam penjelasan investasi sebelumnya. Sebaliknya, pemegang saham biasanya menahan investasi dalam jangka waktu yang cukup lama bahkan bisa 1 hingga 2 tahun ke depan.

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari HOLIS silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami