PERBEDAAN TRADING MINYAK WTI DAN BRENT 

Written by Hadi Jumaidi, March 03, 2021

Baik WTI maupun Brent merupakan 2 harga acuan minyak bumi paling populer di dunia trading. Sebenarnya, masih ada beragam jenis minyak lain yang diperdagangkan secara internasional. Contohnya yang berasal dari Dubai, Oman, Rusia, serta negara-negara OPEC. Meskipun begitu, Brent dan WTI masih menjadi patokan favorit untuk harga minyak bumi seluruh dunia.

WTI (West Texas Intermediate), Minyak Dari Amerika Serikat

Peningkatan produksi minyak Amerika Serikat membuat harga trading minyak WTI menjadi acuan pasar sejak tahun 2007. Karakteristik minyak WTI ringan dan mudah diolah, serta lebih manis daripada minyak Brent. Dengan kandungan belerang yang hanya sebesar 0.24 persen, minyak WTI banyak digunakan sebagai bahan pembuatan bensin.

Untuk trading minyak WTI, kontrak berjangkanya tercatat pada NYMEX (New York Mercantile Exchange) dari CME (Chicago Mercantile Exchange). Pengiriman untuk minyak mentah berjangka WTI terjadi di Cushing, Oklahoma.

Brent, Minyak Dari Laut Utara Eropa

Brent Crude adalah sebutan untuk minyak yang dihasilkan oleh Laut Utara (Eropa). Pertambangan ini dibuka pada tahun 1970, dan menjadi dasar pembentukan harga sejak tahun 1971. Jenis-jenis minyak Brent yang dikenal antara lain: Brent Blend, Forties Blend, Oseberg, dan Ekofisk. Secara umum, disebut sebagai kuotasi BFOE. Dalam dunia trading, penanda untuk minyak Brent adalah Brent Blend, London Brent, dan Brent Petroleum.

Minyak Brent memiliki karakteristik sebagai Sweet Light Crude Oil. Yang dimaksud dengan ringan adalah tekstur kepadatannya (relatif rendah). Di samping itu, rasanya manis karena kandungan belerang yang sedikit. Namun jika dibandingkan dengan WTI, maka kandungan belerang Brent masih lebih tinggi. Jika minyak WTI banyak digunakan sebagai bensin, maka Brent digunakan untuk solar. Saat ini, 2/3 harga minyak seluruh dunia mengacu pada Brent. Harga minyak Brent sendiri cenderung lebih tinggi dari WTI, dan perdagangan berjangkanya berpusat di Intercontinental Exchange (ICE).

Perbedaan Mendetail Antara Minyak WTI dan Brent

Perbedaan terbesar antara minyak mentah Brent dan WTI adalah lokasi ladang minyak masing-masing. Ladang minyak Brent berlokasi di Laut Utara seperti di Norwegia dan lain-lain. Sementara minyak mentah WTI berasal dari ladang-ladang minyak di Amerika Serikat seperti Texas, Lousiana, dan lain-lain.

OPEC (Organization of the Petroleum Exporting Countries) yang merupakan organisasi yang terdiri dari 13 negara pengekspor minyak bumi terbesar menggunakan standar harga Brent. Sementara standar untuk harga minyak di Amerika Serikat mengikuti standar WTI. OPEC mengatur sebagian besar produksi dan distribusi minyak mentah. OPEC juga mengatur harga untuk negara-negara pemasok minyak. Karena itu OPEC memiliki pengaruh yang kuat secara global.

Sebagian besar minyak mentah yang diproduksi di Eropa, Afrika, dan Timur Tengah biasanya dihargai mengikuti standar Brent. Minyak mentah Brent lebih tersedia dimana-mana sehingga harga minyak mentah biasanya condong mengikuti harga Brent. Brent biasanya diperdagangkan secara futures di bursa London, yaitu di ICE (intercontinental Exchange). Sementara WTI diperdagangkan secara futures di NYMEX (New York Mercantile Exchange). Ladang minyak Brent biasanya dekat atau di laut sehingga biaya transportasi lebih rendah dibandingkan biaya transportasi minyak mentah WTI dimana ladang-ladang tersebut berada di daerah yang sulit dijangkau di daratan. Meskipun total produksi minyak mentah WTI tidak sebanyak minyak Brent, namun setelah mengalami peningkatan jumlah produksi yang drastis, harga standar WTI kembali diperhitungkan sebagai pembanding dengan harga Brent.

Apabila terjadi kondisi geopolitik global yang memburuk, harga minyak Brent lebih cenderung untuk naik lebih tinggi dibandingkan harga WTI karena ladang minyak WTI berada di daerah-daerah Amerika Serikat yang berada di tengah-tengah daratan.

RECOMMENDATION FROM EXPERT:

  • Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari HADI  silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami