PERHATIKAN HAL INI SETELAH MEMILIKI REAL ACCOUNT? BACA ARTIKEL INI!

Written by Hadi Jumaidi, September 02, 2020

Banyak futures trader yang mengeluhkan hasil trading mereka di account real sangat sedikit bahkan tidak jarang, loss dibandingkan saat mereka trading di account demo. Kebanyakan dari mereka lebih gampang profit di account demo ketimbang ketika menggunakan “REAL MONEY”. Mereka menduga itu “akal-akalan” para broker futures atau perusahaan pialang untuk memanipulasi dana mereka ketika telah terjun di account real dengan merubah server, memperlambat eksekusi order dan lain sebagainya. Bahkan ada yang beropini bahwa ketika masuk di account real kondisi pasar memang tiba-tiba berubah menjadi tidak bersahabat.

Tetapi sebenarnya, hal itu tidak sepenuhnya benar loh. Faktanya, secara psikologis memang pikiran kita cenderung lebih santai dan fleksibel ketika trading di account demo, hingga kita bisa lebih terbuka dan obyektif dalam menyikapi kondisi pasar. Sebaliknya, kita cenderung tegang dan was-was ketika menggunakan real money dalam account real. Dalam ilmu meta fisika, gelombang otak yang sedang santai lebih bisa berfikir dengan logis, sedang pikiran yang tegang cenderung menggunakan cara sederhana dan primitif yang mengandalkan naluri dan lebih emosional.

Fakta Tentang Real Account Baru  

Fakta pertama adalah bahwa pasar tidak peduli dan tidak pernah tahu account kita, apakah itu account real atau demo, apakah balance kita bertambah atau berkurang. Pasar akan tetap seperti itu, naik dan turun, trending dan sideways. Jika loss dalam trading kita tidak seharusnya menyalahkan pasar, melainkan akibat cara kita yang keliru dalam menyikapi kondisi pasar, bisa jadi mungkin kita kurang obyektif dan mencoba mengontrol pasar dengan prediksi yang berlebihan. Fakta kedua adalah bahwa ketika trading di account real, kita tidak fokus ke proses trading, tapi lebih fokus ke besarnya profit atau loss yang telah dan akan kita peroleh. Walaupun kita telah membuat rencana trading dan menerapkan strategi serta money management persis sama seperti ketika di account demo, tetapi kita tidak selalu melakukan apa yang seharusnya kita lakukan. Besar resiko yang kita tetapkan akan sangat mempengaruhi emosi kita. Kita merasa tidak siap ketika dana kita tiba-tiba hilang begitu saja dengan cepat.

Perilaku orang akan bisa berubah ketika berhubungan dengan real money. Sewaktu di account demo, mungkin Anda bisa disiplin menjalankan rencana trading, tetapi ketika terjun ke account real, Anda jadi emosional dan selalu mengintervensi posisi trading Anda. Anda cenderung mengabaikan rencana trading hingga proses trading jadi kacau. Itulah realitasnya, terutama jika Anda baru pertama kali membuka account real dan trading dengan dana yang tidak Anda alokasikan untuk trading futures atau dana yang ‘siap hilang'.

Inilah Tips untuk Trading di Real Account Yang Baru 

Kalaupun Anda merasa telah bisa trading dengan keadaan “tanpa emosi” di account demo, tetapi ketika telah membuka account real Anda bisa agak kesulitan untuk menyesuaikan karena faktor resiko kehilangan uang yang memang nyata. Untuk itu ada beberapa tips agar Anda tidak tegang atau was-was ketika telah membuka account real:

Gunakan dana yang memang Anda alokasikan untuk trading futures atau dana yang ‘siap hilang’. Jangan pernah menggunakan dana untuk biaya hidup sehari-hari ataupun investasi. Trading futures adalah bisnis yang beresiko dan anggaplah itu modal usaha Anda.Pastikan besarnya resiko yang bisa membuat Anda nyaman setiap kali akan membuka posisi trading. Ya, selalu tanya ulang diri Anda apakah Anda telah cukup nyaman dengan resiko sekian persen untuk posisi tersebut.
 
Ketahuilah bahwa ukuran keberhasilan dalam trading futures bukan pada hasil dari sekali atau dua kali masuk pasar, melainkan akumulasi hasil trading dalam jangka panjang. Jadi tetaplah konsisten pada rencana trading Anda yang telah teruji dalam account demo.

RECOMMENDATION FROM EXPERT:

  • Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.\
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari HADI  silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami