PERLUKAH TRADING DENGAN LEVERAGE?

Written by Ziadatul Khoiroh, August 11, 2023

Leverage merupakan faktor yang kerap di jumpai dalam trading forex yang tidak di temui dalam platform lain. Jika Trader memanfaatkannya dengan baik, leverage dapat memaksimalkan keuntungan meski modal trading terbatas.

Namun, leverage sendiri memiliki risiko yang tinggi. Sebaiknya sebagai seorang trader dapat memahami cara kerjanya. Secara sederhana, leverage dapat berarti sebagai penggunaan dana pinjaman untuk memaksimalkan potensi keuntungan dari aktivitas trading. Leverage bisa di analogikan seperti meminjam uang dengan jaminan tertentu yang proporsional sesuai dengan nominal pinjaman yang kita dapat.

Jaminan itu kita sebut margin. Leverage bisa menekan modal trading sehingga potensi keuntungan meningkat. Tanpa leverage, Trader harus mengeluarkan dana sebesar nilai kontrak ketika transaksi. Dengan leverage, Trader hanya perlu modal mulai dari 1-2% dari nilai transaksi. 

Berikut 2 jenis leverage yang perlu Trader ketahui semua :

Margin Leverage
Margin leverage berpengaruh pada modal yang Trader keluarkan, tidak berfokus pada profit dan loss. Semakin besar leverage yang digunakan, modal Trader semakin kecil. Perhitungan margin leverage adalah:

Trader menggunakan leverage 1:100 untuk transaksi kontrak senilai US$100.000. Maka, modal yang perlu Trader keluarkan adalah:

Margin yang diperlukan adalah: leverage x nilai transaksi yaitu 0,01 x US$100.000 = US$1.000


Real Leverage
Trader  bisa menghitung nominal real leverage dengan model berikut:

Real leverage  = total nilai transaksi : total modal yang di miliki

Trader memiliki margin sebesar US$10.000. Kemudian Trader membuka 4 lot dengan nilai US$100.000 per lot. Maka real leverage-nya yakni:

Real leverage: total nilai transaksi : total modal yang di miliki

(US$100.000 x 4) : US$10.000 ==> US$400.000 : US$10.000 = 40

Itulah pembahasan mengenai jenis leverage dalam trading. Tentu kita perlu memanfaatkannya dengan bijak. Sebelum tarding, akan jauh lebih baik lagi, bila Trader  belajar dengan ahlinya agar tidak melakukan kesalahan fatal.

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau Whatsapp saya ke +62 851-6305-6004 CARI Zia atau silakan klik DISINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami