PERUSAHAAN EMAS TERPOPULER DI DUNIA

Written by Geraldo Kofit, May 25, 2021

Semakin langka nilai sebuah barang, maka harga yang dimiliki semakin mahal. Begitulah yang dapat ditemui pada emas. Hal ini juga yang menyebabkan banyak orang memutuskan untuk melakukan investasi emas. Apalagi kini semakin banyak cara untuk berinvestasi emas. Salah satunya trading emas online di broker forex. Selain itu, emas juga termasuk aset safe haven , di mana saat kondisi pasar sedang tak menentu, emas tidak memiliki risiko tinggi untuk kehilangan nilainya. Tidak heran lagi apabila perusahaan emas, sebagai pihak pengelola, semakin berkembang. Berikut adalah perusahaan emas populer di dunia.

  • Barrick Gold

    Perusahaan raksasa yang dianggap sebagai perusahaan paling berhasil di bidang pertambangan emas yaitu Barrick Gold. Perusahaan ini berlokasi di Toronto, Kanada, Amerika. Berdasarkan data yang ada, pendapatan yang berhasil diraup oleh Barrick Gold mencapai Rp122 triliun per tahun, dengan produksi emas hingga 179 ton. Barrick Gold juga pernah memproduksi nilai emas yang tinggi dan memecahkan rekor dunia. Pada tahun 2013 hingga 2014, Barrick Gold sempat memproduksi logam mulia dengan nilai tertinggi di dunia, yaitu sebesar 222 ton. Diperkirakan produksi ini akan terus berlanjut dan memimpin perusahaan dunia sampai tahun 2025.
     
  • Newmont Mining Corp

    Sebagai perusahaan yang sudah berdiri sejak tahun 1916, Newmont Mining Corp masuk ke dalam deretan perusahaan emas raksasa yang terpercaya. Newmont Mining berdiri pertama kali di Colorado, Amerika serikat. Sejak berdiri hingga hari ini, mereka telah menjadi pemimpin pasar tambang emas dunia. Mereka telah beroperasi di beberapa negara, seperti Australia, Peru, Ghana dan Suriname. Selain itu, Newmont Mining juga masuk ke Indonesia dan menguasai area pertambangan di Nusa Tenggara Barat (NTB). Berdasarkan data yang dihimpun, Newmont meraup keuntungan sebesar Rp100 triliun per tahun dan total produksi mencapai 163 ton emas. Newmont Mining juga melebarkan sayap bisnis ke bahan lainnya, salah satunya adalah logam perak .
     
  • AngloGold Ashanti Ltd

    Perusahaan tambang emas raksasa yang dibahas selanjutnya dalam artikel ini adalah Anglogold Ashanti Ltd. Perusahaan emas ini berasal dari benua Afrika, tepatnya berkantor di pusat salah satu kota di Afrika Selatan, yaitu Johannesburg. Perusahaan ini memiliki beberapa tambang emas yang ada di daratan Afrika, mulai dari bagian selatan hingga bagian utara. Selain Afrika, Anglogold Ashanti Ltd juga menguasai area tambang di benua lainnya, seperti Amerika Serikat dan Australia. Pencapaian Anglogold Ashanti Ltd sebagai perusahaan sendiri termasuk kategori sangat tinggi. Karena pada tahun 2014, emas yang berhasil dihasilkan oleh perusahaan ini mencapai 125 ton. Sayangnya, nilai produksi itu menurun di tahun 2018 lalu. Berdasarkan data yang dimiliki oleh beberapa majalah bisnis global, AngloGold Ashanti Ltd berhasil meraih keuntungan Rp58 triliun setiap tahunnya.
     
  • Goldcorp Inc

    Perusahaan emas raksasa lainnya bernama Goldcorp Inc. Berdasarkan data yang kami dapatkan, perusahaan ini sempat mengalami penurunan pendapatan. Hal tersebut akhirnya membawa beberapa masalah, seperti penurunan jumlah mitra kerja, yang tidak sebanyak ketika Goldcorp masih berjaya. Meski begitu, tidak menutup fakta bahwa perusahaan berhasil mendapatkan keuntungan sebesar Rp50 triliun per tahun. Perusahaan tambang emas yang berdiri di Vancouver, Kanada, ini berhasil mengembangkan anak perusahaan di beberapa wilayah, seperti Meksiko dan Amerika Selatan.
     
  • Kinross Gold Corp

    Kinross Gold Corp berhasil meraih keuntungan Rp48 triliun per tahun. Perusahaan tambang emas asal Kanada ini berhasil menduduki posisi sebagai perusahaan emas yang berhasil memproduksi berbagai jenis emas, mulai dari perhiasaan hingga logam mulia. Produk-produk mereka sudah tersebar di beberapa negara, seperti Amerika Serikat, Rusia, dan Brazil. Dengan keberhasilannya tersebut, banyak perusahaan emas yang lebih kecil mencoba untuk bekerja sama di bawah naungan mereka.

RECOMMENDATION FROM EXPERT:

  • Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari GERALD silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami