PRINSIP TRADING SAHAM UNTUK PEMULA

Written by Hana Florencia, June 24, 2022

Apakah Anda ingin mulai untuk trading saham? Trading Saham sendiri merupakan aktivitas jual beli surat kepemilikan suatu perusahaan dalam jangka panjang. Tujuannya untuk memperoleh keuntungan yang konsisten dengan transaksi jual beli, seperti aktivitas berdagang. Karena sifatnya yang seperti “jual beli” ini, tak heran jika trader saham memberi perhatian lebih pada pergerakan harga saham. Disamping itu, Setiap trader saham punya gaya sendiri dalam melakukan trading, namun ada beberapa hal yang para trader pemula wajib ketahui dan terapkan dalam strategi mereka.

AMATI SITUASI EKONOMI DAN POLITIK
Jika Anda tak suka berita, sekarang saatnya untuk rajin mengikuti berita bisnis, ekonomi, bahkan politik. Investasi saham paling baik dilakukan saat situasi ekonomi sedang stabil atau mengalami peningkatan. Anda harus pandai-pandai membaca situasi ekonomi negara untuk membuat penilaian (minimal penilaian kasar) terhadap pertumbuhan ekonomi.

PILIH SAHAM DARI INDUSTRI YANG DISUKAI
Investasi saham terbaik harus melibatkan pemahaman terhadap produk, jadi idealnya, investor pemula sebaiknya memilih produk yang disukai. Anda bisa memilih saham dari perusahaan yang produknya sering Anda gunakan, atau perusahaan yang produknya merupakan sesuatu yang familiar bagi Anda. Akan tetapi, jangan lupa melihat reputasi dan sepak terjang perusahaan tersebut, termasuk opini dan amatan para ahli ekonomi terhadap potensinya.

KAPITALISASI BESAR UNTUK SAHAM
Saham ideal harus memiliki kapitalisasi pasar besar. Hal ini agar nilai saham tidak mudah dimanipulasi oleh individu untuk kepentingan mereka sendiri (istilahnya “penggoreng saham”). Individu dengan modal yang cukup lumayan biasanya bisa memanipulasi harga saham yang nilai kapitalisasi pasarnya kecil, namun mereka tak bisa melakukan itu pada saham bernilai besar.

AMATI SENTIMEN PASAR
Sentimen pasar menjadi penentu nilai saham Anda. Walaupun nilai PE saham Anda rendah dan harga kapitalisasi pasarnya cukup tinggi, saham tersebut akan turun nilainya jika sentimen pasar sama sekali tidak mendukung. Sentimen pasar di antaranya adalah harga komoditas, suku bunga, tingkat pengangguran, angka inflasi, dan sebagainya.

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari FLO silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami