PSIKOLOGI TRADING ITU PENTING LOH, JANGAN DIANGGAP SANTAI? YUK SIMAK!

Written by Hanna Dalimunthe, May 10, 2022

Psikologi trading itu penting! Jangan di anggap santai loh! Banyak trader Pemula yang baru memulai trading sudah banyak yang berani mengambil resiko. Resiko tanpa memikirkan bagaimana kalau loss? bagaimana jika rugi? Bagaimana jika tradingnya tidak sesuai harapan? Nah, hal seperti ini menjadi masalah yang bertubi-tubi dan bagai fenomena gunung es jika tidak di pelajari dan dirapihkan sejak dini. Nah psikologi trading ini menjadi penting ketika seorang trader mau memulai berinvestasi, pasalnya ketika kita memiliki dana yang siap namun psikologi juga membantu dalam menyiapkan strategi apa yang akan kita lakukan di market. Untuk itu perlu di terapkan mindset dari Psikologi trading, bahwa trading itu tidak melulu soal keuangan tapi bagaimana kita bisa fight dimarket agar tidak stress ketika market melemah atau terlalu percaya diri ketika market sedang menguat. 

Apa itu Psikologi trading?


Psikologi trading
, kata dia, suatu keputusan dalam melakukan transaksi yang dipengaruhi oleh mental, pikiran, dan perilaku. Psikologi mempengaruhi cara berpikir seseorang yang kemudian dijalankan dengan perilaku dalam mengambil keputusan

Perencanaan trading.
Seperti Master Gema bilang untuk trading ini gunakan uang sampah atau uang dingin yang dimana Ketika trader kalah dengan uang tersebut tidak perlu mikir harus bagaimana melanjutkan hidup, denga uang dingin ini maka trader siap dengan resiko yang dihadapi. Nah, rencanakan lah tujuan trading Anda. Aturan yang diterapkan dalam diri sendiri, tujuan trading untuk apa? Apakah untuk mendapatkan keuntungan pasti, atau hanya ikut teman saja? Trading adalah untuk mendapatkan passife income agar tambahan kebutuhan Anda lebih baik lagi. Maka rencanakan lah bisa ambil catatan anda, berapa sebulan anda harus mengeluarkan duit hingga profit dan loss yang didapatkan.

Kenali kunci 3 M (Mind, Method, dan Money)

Mind ini erat kaitannya dengan faktof psikolog, mindset sebuah pikiran trader sangat pengaruh dalam gaya trading seorang trader. Artinya Ketika sudah melakukan perencanaan trading maka terapkan trading plan dan manajemen risiko, dalam hal ini Anda berani menerapkan stop loss pada setiap transaksi anda dan tidak tergoda untuk membatalkan stop loss. Sedangkan methode pengaruhnya terhadap startegi yang Anda gunakan. Methode ini sebaiknya gunakan lah gaya trading anda, apakah anda lebih suka trading harian atau lebih suka yang didiamkan dalam jangka yang lebih panjang. Methode ini bagaimana anda mengelola modal dengan menerapkan manajemen modal yang baik, kemudian terakhir yaitu Money merupakan satu kesatuan yang penting, karena mengelola keuangan dengan modal berapa yang harus siap di tradingkan atau di simpan dalam trading.

Jangan Overtrade!


Over trade salah satu sikap psikologi seorang trader yang dimiliki bagi Sebagian orang, layaknya seorang trader yang overtrade ingin mendapatkan keuntungan lebih di pasar keuangan dengan overtrade pasti tidak sedikit yang malah rugi bukannya untung? Ketika harga sudah menyentuh target profit, sudahlah terima saja, ternyata masih melanjutkan pergerakan, begitu sebaliknya begitu sudah tidak melanjutkan pergerakan langsung entry posisi lagi alhasil rugi. Oleh karena itu, setiap entry harus disesuaikan dengan modal. Berapa sih ideal modalnya? Ini dia perhitungan ideal di A-CLUB Academy. Berikut perhitungan lot ideal (disclaimer on) Silahikan diikuti untuk menjadi refrensi Anda.
Idealnya dengan dana $1000, kita boleh trading dengan resiko 10%, nah 10% dari $1000 = $100 dari resiko $100, baru kita input ke lot nya ya. Sekali trading batasi resiko katakan 100 pips $100 = 100 Pips, berapa lot nya? lot yang ideal dengan resiko 100 pips, $100 adalah 0,1 lot, jadi dengan dana $1000, sebaiknya kita trading dengan 0,1 lot

RECOMMENDATION FROM EXPERT:

  • Jadi melalui artikel ini Anda mengetahui refrensi investasi dalam memulai berinvestasi saham
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari Hanna silahkan hubungi DISINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami