SAHAM LAPIS 2 KEREN? YUK CARI TAHU 

Written by Holis Syaputra, May 16, 2020

Tahukah Anda?


Saham lapis dua disebut sebagai mid-cap stocks atau second-liner, Saham Lapis Dua memiliki kapitalisasi pasar antara Rp500 miliar-Rp10 triliun. Harga sahamnya cenderung fluktuatif dan saham ini terbilang likuid. Sementara fundamental perusahaan bisa dikatakan cukup baik walaupun masih dalam tahap berkembang.

Sebagai investor milenial sukses penerus Warren Buffet, kamu juga wajib cergas memanfaatkan potensi juang emiten lapis ke-2 dengan nilai saham tumbuh sehat demi efektifitas kinerja portfolio investasimu, di samping main safe dengan mengoleksi blue chip sebagai fondasinya. Bursa Efek Indonesia (BEI) menyadari banyak saham lapis ke-2 berfundamental bagus, sangat likuid dan menjadi penggerak pasar (market maker). BEI menargetkan peraturan dan kebijakan mengenai market maker bisa diterbitkan pada semester II tahun 2020. Tujuan penetapan kebijakan tersebut salah satunya adalah untuk meningkatkan likuditas saham emiten lapis ke-2 dan ke-3.

Khusus saham second liner biasanya tingkat keaktifannya relatif stabil di lantai bursa tetapi tidak menutup kemungkinan ada saham lapis kedua yang sangat aktif diperdagangkan. Contohnya: PT Pembangunan Perumahan Tbk (PTPP), PT Lippo Cikarang Tbk (LPCK), PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN), PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE), dan banyak lagi.

Contoh Daftar Saham Lapis Ke-2 Yang Faktanya Bagus dan Berpotensi Tumbuh Kedepanya: 

  • GIAA, saham PT Garuda Indonesia Tbk adalah salah satu yang menunjukkan pertumbuhan itu. Faktor positif yang memengaruhi pertumbuhan itu adalah stabilnya permintaan domestik terhadap tiket pesawat, meskipun tarif meningkat. Meskipun ditutup di level Rp472 pada Januari 2020 lalu, GIAA direkomendasikan buy oleh para analis sekuritas senior, dengan target harga Rp725 (peningkatan 53,6%) pada akhir tahun.
     
  • DOID, saham PT Delta Dunia Makmur Tbk dari sektor pertambangan batu bara, yang ditutup di level Rp288 pada Januari 2020 lalu, direkomendasikan buy dengan target harga Rp376 (peningkatan 30,5%). Peningkatan permintaan terhadap batu bara terjadi seiring membaiknya hubungan perdagangan antara AS dengan Tiongkok.
     
  • TBLA, saham PT Tunas Baru Lampung Tbk ditargetkan akan mencapai harga Rp1.100 (peningkatan 13,98%) dari harga Rp965 pada penutupan perdagangan Januari 2020. Nilai TBLA akan terdorong oleh program B30 dan juga rencana perseroan untuk melakukan ekspansi pabrik guna menambah kapasitas produksi biodiesel.

Ada Beberapa Tips Untuk Trading Saham Lapis Dua 

  • Buat Trading Plan
    Tanyakan saja pada beberapa expert saham yang berpengalaman, mengenai trading plan. Mereka rata-rata menggunakan trading plan yang ditulis dengan cara mereka sendiri. Baik di secarik kertas maupun di buku catatan harian pribadi. Mereka mencatat rencana saham mana yang akan dibeli pagi ini dan dengan harga berapa.
     
  • Perhatikan Volume Transaksinya
    Logikanya, dan menganut pada kebiasaan, biasanya jika volume transaksi pada saham tertentu sebelumnya rendah lalu tiba-tiba meninggi dalam kurun waktu yang cepat dan turun lagi secara tiba-tiba, resiko meruginya akan semakin tinggi. Artinya, volume saham ketika meninggi berarti saham tersebut sedang digoreng oleh oknum tertentu karena berarti sedang banyak yang menggunakan dan memperjualbelikan saham tersebut.
     
  • Kenali Karakter Saham Lapis Dua 
    Ingat! Saham Lapis Dua memiliki kapitalisasi pasar antara Rp500 miliar-Rp10 triliun. Harga sahamnya cenderung fluktuatif dan saham ini terbilang likuid. Sementara fundamental perusahaan bisa dikatakan cukup baik walaupun masih dalam tahap berkembang.

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari HOLIS silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami