SAHAM TIDUR? SAHAM KOK BISA TIDUR, YUK COBA PELAJARI

Written by Karlina, March 25, 2022

Pengertian Saham Tidur 

Saham tidur merupakan saham yang harganya tidak bergerak dalam jangka waktu yang lama. Membeli saham tidur merupakan tindakan berisiko tinggi karena faktor likuiditasnya yang sulit dicairkan. Namun apabila fundamental membaik, saham tidur juga bisa menjadi saham aktif dan primadona di pasar.

Penyebab Saham Tidur 


Jika suatu saham tidak bergerak harganya dalam jangka waktu yang lama maka saham tersebut bisa dikatakan saham tidur. Saham yang tidak bergerak ini bisa diakibatkan oleh tidak adanya orang yang ingin membeli di harga yang lebih tinggi atau alasan yang lain yaitu tidak adanya transaksi. Contohnya saja saham yang berada di harga 50 yang merupakan harga terendah suatu saham

Saham tidur ini bisa disebabkan karena jumlah saham yang dicatatkan terlaiu sedikit atau dikuasai oleh investor institusi dan pemilik saham lama (pendiri perusahaan). Atau dapat pula isebabkan karena kinerja perusahaan yang bersangkutan kurang baik atau prospek usahanya masih kurang cerah sehingga kurang mendapat perhatian pemodal. Saham seperti ini biasanya cenderung harganya undervalued. Membeli saham tidur ini diperlukan kesabaran investor terhadap perkembangan harga saham perusahaan yang bersangkutan.

Fakta Tentang Saham Tidur 


Seperti yang dikutif oleh BERITA SATU: Sejak 2015 hingga saat ini, harga saham PT Central Proteina Prima Tbk (CPRO) stagnan di level Rp 50. Padahal, saham perusahaan makanan olahan ikan dan udang dan pakan hewan peliharaan ini pertama kali diperdagangkan ke publik pada 1990 sebesar Rp 4.000.

Direktur Keuangan CPRO Saleh mengatakan, stagnasi harga saham CPRO disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya kegagalan perseroan membayar obligasi yang menyebabkan kerugian secara akuntansi. "Terlepas hal tersebut, kami berhasil membukukan laba yang luar biasa pada 2018. Jadi, Jangan Dekati Saham Tidur! Investasikan Asetmu Untuk Saham Yang Bervalue Tinggi 

Perbedaan Saham Aktif dan Saham Tidur 


Saham aktif seperti namanya merupakan jenis saham yang aktif diperdagangkan di bursa saham
dengan jumlah banyak dan selalu berada di jejeran saham-saham dalam pasar saham yang ada setiap harinya. Sedangkan jawaban apa perbedaan saham aktif dan saham tidur selanjutnya dapat terjawab dari pengertian saham tidur. 

Saham tidur merupakan saham yang pergerakannya tidak mengalami kemajuan atau macet serta harganya terus mengalami penurunan. Macet di sini adalah di mana saham tersebut apabila kita beli di sebuah kesempatan harganya terhitung murah. Namun, selanjutnya saham tersebut tidak menunjukan prospek yang menjanjikan dan tentu saja tidak mendatangkan keuntungan. 

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Nah, sekarang Anda sudah paham kan tentang SAHAM TIDUR dalam saham! Yuk Belajar !
  • Share artikel ini ke temanmu dan  DAPATKAN FREE KONSULTASI dengan Saya untuk memaksimalkan profit anda.
  • CALL atau whatsapp dan cari LINA silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami