Sejarah NASDAQ, Indeks Komposit, NASDAQ 100 dan Tips Berinsvestasi di NASDAQ 100

Written by Caroline, CWM, October 28, 2022

Sebagian investor saham ataupun trader mungkin pernah mendengar istilah NASDAQ. Akan tetapi, sebagian lainnya terutama investor dan trader pemula, masih asing dengan istilah tersebut. Istilah apa itu dan bagaimana penjelasannya?

Singkatnya, NASDAQ merupakan pasar saham yang berbasis teknologi dan pasar elektronik global pertama di dunia. Diluncurkannya bursa efek ini bertujuan agar perdagangan bisa berjalan lebih cepat dan bisa beroperasi dengan mengandalkan teknologi.

Sejarah NASDAQ

Bursa efek ini adalah singkatan dari National Society on of Securities Dealers Automated Quotation Stock Market. Setelah Bursa Efek New York, NASDAQ adalah bursa efek global yang terbesar kedua. Bursa efek ini didirikan oleh National Association of Securities Dealers (NADS).

Dengan berbasis teknologi, bursa ini banyak menarik perusahaan besar yang berfokus pada teknologi ke arah IPO untuk pertukarannya. Setidaknya ada 3000 perusahaan yang secara resmi tergabung dalam bursa ini.

Bursa efek ini merupakan bursa efek yang tertua di Amerika Serikat yang didirikan pada 8 Februari 1971. Di tahun 2007, NASDAQ berkombinasi dengan kelompok yang tergabung dalam bursa efek OMX yang berasal dari Skandinavia.

Hasil kolaborasi ini menjadikan NASDAQ OMX sebagai grup bursa yang terbesar di seluruh dunia. Grup ini menangani 1:10 transaksi yang ada di dunia.

Mengenal Indeks Komposit NASDAQ

Istilah lain terkait bursa efek ini adalah Indeks Komposit NASDAQ. Pengertian dari istilah ini adalah sebuah indeks pasar saham yang didalamnya terdiri dari lebih dari 3000 komponen. Indeks ini dinilai sebagai indikator kinerja saham yang sangat diikuti di Amerika Serikat.

Contohnya adalah pada saat perusahaan besar yang memiliki produk mobil listrik ingin mendaftarkan sahamnya di pasar saham. Perusahaan tersebut memilih bursa saham NASDAQ untuk IPO-nya. Dengan ini, investor menggunakannya sebagai cerminan dari kinerja saham perusahaan teknologi.

Apa itu NASDAQ 100?

Ada lagi istilah lain terkait bursa efek tertua di Amerika Serikat ini yaitu NASDAQ 100. Sebutan ini diberikan pada 100 perusahaan non keuangan yang termasuk dalam kategori perusahaan terbesar dan semuanya terdaftar dalam bursa NASDAQ.

Nama Amazon, Google eBay, Cisco atau Comsat mungkin sudah tidak asing lagi. Nama-nama tersebut adalah beberapa perusahaan yang tergabung dalam NASDAQ 100. Orang Indonesia pun bisa berinvestasi atau trading di bursa efek ini.

Trading dan Berinvestasi di Pasar Saham NASDAQ

Agar lebih memahami bagaimana proses trading dan investasi di pasar saham luar negeri seperti NASDAQ, maka simak penjelasan di bawah ini:

1.Trading di Pasar Saham NASDAQ

Ketika seseorang memutuskan untuk melakukan trading di pasar saham sebesar ini, maka perhatikan pergerakan naik dan turunnya harga index menggunakan metode spread betting. Adapun spread betting adalah produk yang menggunakan leverage.

Hal ini memungkinkan trader untuk mentrasfer dengan nilai yang lebih besar. Meskipun leverage ini tidak hanya berpeluang untuk meningkatkan keuntungan tapi juga memiliki potensi untuk rugi. Oleh karenanya, mempelajari setiap pergerakan harga saham dengan cermat wajib dilakukan.

2.Investasi di Pasar Saham NASDAQ

Sama halnya ketika berinvestasi di bursa efek dalam negeri, tujuan dari investasi adalah mendapatkan keuntungan dari pergerakan harga yang semakin naik dari waktu ke waktu. Kita tidak bisa berinvestasi langsung di indeks NASDAQ 100, akan tetapi investasi bisa dilakukan melalui ETF.

Untuk bisa berinvestasi di sana, jumlah modal yang harus dikeluarkan jumlahnya harus sama dengan nilai investasinya. Namun berbeda jika investasi dilakukan lewat broker, misalnya Admiral Market. Investor dapat bertansaksi tanpa dikenakan komisi.

Masih banyak lagi yang harus dipelajari ketika hendak memutuskan untuk berinvestasi atau melakukan aktivitas trading di pasar saham NASDAQ. Informasi lain terkait hal ini bisa diperoleh dengan banyak membaca di astronacci.com.

Jika anda pemula dan mau mulai trading di NASAQ market, maka anda bisa belajar dari e-learning yang sudah membuat banyak orang sukses trading mandiri yaitu “Nasdaq Trading Secret”!

 

RECOMMENDATION FROM EXPERT:

  • Investasi ilmu itu PENTING! Terus belajar dan jangan menyerah,dapatkan berbagai edukasi yang kamu butuhkan di astronaccishop.com
  • Bagikan artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN KONSULTASI GRATIS langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail
  • CALL atau Whatsapp saya ke +62 878-7283-4897cari CAROLINE atau silakan klik DISINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami