SERBA SERBI MOVING AVERAGE DALAM SAHAM, SIAPA YANG BELUM TAHU?

Written by Caroline, CWM, January 23, 2023

Moving average adalah sebuah indikator lagging yang berarti metode yang digunakan berdasar pada peristiwa yang sebelumnya terjadi. Indikator ini juga menerangkan informasi mengenai data riwayat pasar. Namun metode ini bukanlah sebuah alat untuk memprediksi.

Metode MA ini umumnya digunakan dengan cara mencari rata-rata pergerakan harga dari sebuah aset dalam interval waktu tertentu. Umumnya, interval waktu ini adalah harian. Rerata harian ini nantinya akan dibandingkan dengan rerata harian lainnya. Dengan demikian pergerakan tren saham dapat terbaca.

Komponen yang Mempengaruhi

Untuk menghitung MA terdapat beberapa komponen yang mempengaruhi. Komponen ini adalah harga pembukaan, penutupan, pertengahan, harga tertinggi, dan terendah. Komponen-komponen ini nantinya digunakan untuk mencari rerata dari pergerakan harga setiap harinya.

Akan tetapi harga yang paling kerap digunakan adalah harga penutupan. Melalui garis dari metode ini, trader bisa melihat berbagai posisi untuk harga saham. Nantinya trader dapat mengetahui apakah harga saham berada di atas atau di bawah rata-rata pergerakan harga umumnya.

Fungsi Moving Average (MA)

Umumnya, hasil dari MA digunakan untuk mengambil keputusan oleh trader. Terlebih karena MA berperan sebagai pemberi informasi bukan hanya sekedar memprediksi. Selain itu terdapat juga fungsi lainnya dari MA seperti berikut ini :

1.Mengetahui Arah Tren

Fungsi pertama dari MA adalah untuk mengetahui arah tren. Terutama jika terjadi pembalikan arah tren pada pasar saham. Dengan demikian trader dapat menentukan titik reversal atau titik ketika harga saham menembus MA.

Tidak hanya itu, jika dilihat dari jangka waktu, trader dapat melihat apakah harga menembus garis MA dalam jangka waktu pendek atau panjang. Apabila harga menembus hingga ke garis atas, maka dapat diidentifikasi bahwa pembalikan arah menjadi tren naik, begitu pula sebaliknya.

2.Menentukan Resistance dan Support Level

Fungsi MA selanjutnya adalah sebagai salah satu metode untuk menentukan resistance dan support level yang dikenal pula sebagai level psikologis harga saham. Apabila harga saham sudah mendekati garis MA maka umumnya harga akan kembali.

Dengan demikian adanya garis MA mampu menjadi tembok untuk mengontrol pergerakan saham. Namun jika harga saham berhasil menembus garis MA umumnya menjadi sinyal untuk pembalikan arah tren pada pasar saham.

3.Mengidentifikasi Tren Harga

Fungsi terakhir MA adalah untuk mengetahui tren harga yang terjadi di pasar saham. Maka dari itu MA digunakan untuk sarana pemberian informasi bukan alat prediksi. Dengan demikian, tren harga, arah tren, dan faktor lainnya dapat diperhitungkan.

Caranya cukup melihat posisi harga saham. Apabila harga saham berada di atas MA maka tren harga saham sedang naik. Namun jika harga saham berada di bawah MA maka tren harga saham sedang turun. Untuk mengidentifikasi tren harga trader juga dapat mengacu lebih dari satu MA yang berbeda.

Jenis-jenis MA

Moving average dalam saham memiliki berbagai jenis yang bermacam-macam. Jenis MA yang kerap digunakan untuk analisis para trader antara lain SMA, WMA, dan EMA. Ketiga jenis ini memiliki cara penggunaan yang mirip namun memiliki pola perhitungan yang berbeda.

Lebih rincinya jika SMA menggunakan rata-rata biasa, maka EMA dan WMA menggunakan sistem pembobotan. Dengan demikian kedua sistem ini dapat menghasilkan rerata yang berbeda. Sehingga sensitivitas setiap indikator terhadap harga saham menjadi berbeda.

Rumus Sederhana Perhitungan MA

Untuk menghitung MA cukup dengan menambahkan harga terkini dalam satu interval waktu. Kemudian harga ini dibagi sejumlah dengan periode waktu tersebut untuk mendapatkan rerata harga. Dengan demikian rumus dasar MA dapat dituliskan sebagai berikut :

 

Moving average terbaik bisa didapatkan dengan perhitungan yang tepat. Jika membutuhkan rekomendasi dan riset terhadap pasar saham dapat pula berkonsultasi dengan trading partner seperti Astronacci. Selain mendapat hasil analisis, Astronacci juga memberikan ilmu yang sangat bermanfaat!

RECOMMENDATION FROM EXPERT:

Investasi ilmu itu PENTING! Terus belajar dan jangan menyerah,dapatkan berbagai edukasi yang kamu butuhkan di astronaccishop.com

Bagikan artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN KONSULTASI GRATIS langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail

CALL atau Whatsapp saya ke +62877 897 00064 cari CAROLINE atau silakan klik DISINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami