SOLUSI BAGI TRADER YANG TERJEBAK RASA FEAR AND GREED

Written by Dewi Tiodor, January 01, 2022

Kita semua tau bahwa serakah adalah sifat yang kurang baik. Tetapi terkadang rasa takut dan juga serakah sering kali membuat seseorang mengambil keputusan yang bijaksana. Maka dari itu pentingnya traders untuk menentukan target profit sebelum melakukan open posisi. Mari kita bahas gimana solusi untuk menghadapi fear and greed.

Kita harus  dapat mengontrol fear dan greed ini, kita harus mengetahui dan menyadari kapan munculnya dua sifat ini saat kita sedang trading. Fear biasanya muncul saat kita mengalami loss dalam jumlah besar atau terjadi serangkaian loss berturut-turut. Greed biasanya muncul saat kita sedang profit. Selain itu greed juga dapat muncul saat pasar sedang rally dan kita belum mengambil posisi. Oleh karenanya penting sekali kita membuat jurnal trading sehingga kita dapat menganalisa trading kita apakah dipengaruhi oleh fear dan greed ini.

Ada beberapa solusi yang bisa anda cermati untuk mengimbangan rasa fear and greed :

  • Kita harus taklukan rasa fear and greed

Dalam menghadapi rasa takut dan cemas ketika nyangkut di saham, jangan segan untuk melakukan cut loss, sebaliknya biasakanlah diri Anda untuk tidak takut untuk hold saham yang sedang ada dalam posisi profit.

Jika anda sudah mendapatkan profit yang sesuai anda targetkan, silahkan take profit. Jangan anda hold lagi karena menginginkan profit yang lebih besar. Karena saat anda entry pun pasti sudah punya perhitungan dan target harga yang jelas.

  • Berikan Target Profit dan Stop Loss tiap entry posisi

Anda bisa membuat trading plan terlebih dahulu, untuk mencegah diri menjadi agresif dan mengingkin kan profit yang lebih. Karena banyak yang terjadi kepada investor yaitu (Buy and Hope). Mereka berharap tidak kehilangan duit mereka. Padahal harapan itu bukan suatu strategi.

Cara terbaiknya memang anda bisa lakukan dengan atur strategi jika profit taking dan jika loss lakukan cut loss. Ini cara terbaik untuk mengamankan modal anda yang mungkin bisa anda alokasikan untuk membeli saham yang lain.

Maka itu jika kit abaca saja memang terlihat mudah untuk tidak trading dengan rasa fear dan greed. Namung sering kali kita tidak sadari bahwa rasa fear and greed ini sering pengaruhi kita. Bahkan membuat kita mengambil keputusan yang cepat-cepat tanpa pertimbangkan. Mungkin dengan ilmu ini bisa membantu anda mengatasi rasa fera and greed tersebut.

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.

Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.

CALL atau whatsapp dan cari TIODOR silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami