STRATEGI SEDERHANA MEMILIH INDIKATOR TERBAIK UNTUK SAHAM

Written by Danuh Nuraga, January 09, 2023

Indikator berguna untuk memprediksi kecenderungan arah pergerakan harga saham. Sama seperti cara analisa rasio keuangan untuk memprediksi fudamental perusahaan, indikator saham juga memiliki jumlah yang sangat banyak, bahkan bisa sampai ratusan.

Indikator ini terdiri dari 3 bagian yaitu Indikator Overlay , Indikator Trend Oscillator , dan Indikator Trend Price Action. Indikator Overlay tampil menumpuk di atas Candlestick. Jadi, indikator trend ini dapat secara langsung menginformasikan ke mana arah trend selanjutnya akan berlangsung.

Indikator Trend Oscillator muncul secara terpisah dari grafik pergerakan harga. Meski terpisah, indikator trend ini dapat memprediksi arah trend Forex, melalui dinamika pergerakan garis Oscillator pada patokan level tertentu.

Dalam artikel ini akan membahas tiga indikator teknikal terbaik untuk trading saham berikut cara sederhana menggunakannya. Tak usah khawatir, strategi-strategi ini dapat diaplikasikan oleh siapa saja, termasuk trader pemula.

 

1. Moving Average (MA)

Tak banyak investor dan trader profesional yang akan menyebut Moving Average sebagai indikator teknikal terbaik. Namun, tak dapat dielakkan bahwa ini merupakan indikator teknikal paling sederhana dan paling mudah digunakan.

Moving Average biasanya digambarkan dalam bentuk garis yang melintasi grafik harga. Sebagai contoh, Anda dapat menilik grafik harga saham Telkom Indonesia (kode TLKM) berikut ini. Perhatikan garis MA berwarna biru yang melintasi tengah grafik.

Cara membacanya cukup mudah. Apabila harga berada di atas garis MA, berarti kondisi harga sedang bullish (cenderung bergerak naik). Sebaliknya, jika harga berada di bawah garis MA, berarti kondisi harga sedang bearish (cenderung menurun).

Namun, Moving Average termasuk lagging atau trend-following indicator. Artinya, garis MA tak bisa digunakan sebagai detektor sinyal perubahan harga, melainkan hanya dapat menunjukkan suatu tren yang telah terbentuk saja.

 

2. Relative Strength Index (RSI)

RSI dianggap sebagai salah satu indikator teknikal terbaik untuk trading saham, karena penilaian mengenai harga dapat dilakukan hanya dengan selayang pandang saja. Indikator RSI berbentuk garis yang naik-turun antara level 0.0-100.0 di bawah grafik harga.

Secara umum, apabila harga naik hingga mencapai level 70.0, berarti kondisi sudah jenuh beli (overbought), sehingga harga kemungkinan akan berbalik turun. Sedangkan jika harga turun hingga tembus level 30.0, berarti kondisi sudah jenuh jual (oversold), sehingga harga kemungkinan akan berbalik naik. Namun, ada pengecualian khusus.

Bilamana harga saham favorit Anda terperosok hingga tembus level 30.0, maka Anda harus memeriksa apakah ada perubahan fundamental signifikan atas emiten penerbit saham tersebut. Jika kondisi fundamental baik-baik saja, maka itu boleh jadi peluang bagus untuk serok bawah.

Namun, tak jarang pula keterpurukan RSI menandai besarnya dampak perubahan fundamental hingga Anda sebaiknya langsung menjual saham itu atau setidaknya ancang-ancang untuk Cut Loss. Di sisi lain, bagi saham yang kondisi fundamentalnya bagus, maka RSI akan jarang menurun hingga tembus level 30.0.

 

3. Bollinger Bands (BB)

Bollinger Bands juga termasuk indikator teknikal yang mampu mendeteksi kondisi jenuh jual dan jenuh beli. Bedanya, Bollinger Bands berbentuk tiga garis yang bertumpukan dengan grafik harga.

Secara umum, grafik harga akan naik-turun dalam area yang dibatasi oleh garis-garis BB. Kondisi jenuh beli terjadi saat harga sudah mencapai batas atas BB, sehingga itu menandakan waktu untuk jual (Take Profit). Sedangkan kondisi jenuh jual muncul saat harga melandai hingga mencapai batas bawah BB, sehingga menandakan waktu bagus untuk membeli saham tersebut.

Selain itu, ada situasi khas BB yang perlu diwaspadai. Apabila garis-garis BB menyempit, maka itu bisa jadi harga saham sedang ancang-ancang akan bergerak kencang ke suatu arah tertentu.

 

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

- Pastikan Anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
- Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan
  Saya untuk mengenal trading lebih detail.
- CALL atau whatsapp dan cari DANUH silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami