STRATEGI TRADING SAHAM UNTUK PEMULA AGAR BISA MENGHASILKAN KEUNTUNGAN

Written by Caroline, CWM, May 31, 2023

Menentukan strategi trading saham untuk pemula merupakan hal yang perlu dipelajari. Pasalnya dalam melakukan trading kita membutuhkan pengetahuan untuk merancang strategi agar bisa meraih keuntungan dan terhindar dari kerugian.

Saat ini banyak orang yang memiliki minat tinggi untuk ikut serta dalam trading karena terbukti bisa meningkatkan benefit finansial. Maka dari itu, para trader pemula membutuhkan rancangan strategi untuk bersaing dan bertahan di pasar.

Tips dan Strategi Trading Saham untuk Pemula

Sebelum bermain-main dengan trading saham, ada baiknya seorang trader mempersiapkan strategi terbaik untuk modal persaingan harga. Berikut beberapa tips dan strategi yang bisa diikuti untuk mendapatkan keuntungan trading.

1.Mulai dengan Modal Kecil

Bagi para pemula, sebaiknya jangan mengeluarkan uang dalam jumlah besar ketika baru pertama kali melakukan trading. Hal tersebut dihindari karena trader perlu mengukur dan memperkirakan peluang untuk menghasilkan keuntungan.

2.Gunakan Uang Dingin

Trading saham merupakan kegiatan yang memiliki risiko tinggi, maka dari itu trader harus mampu mengelola uang dengan baik. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan uang dingin atau idle money.

Gampangnya, uang dingin termasuk dalam kembalian atau modal yang sudah tidak pernah dimanfaatkan. Dalam artian, modal tersebut tidak termasuk dalam uang yang digunakan untuk membayar keperluan sehari-hari.

3.Pilih Aplikasi atau Paltform Trading Terpercaya

Semakin berkembangnya dunia saham, saat ini ada banyak aplikasi trading yang mudah diunduh. Tetapi tidak semua aplikasi terjamin keamanannya dan bisa menyebabkan kerugian. Pastikan untuk memilih aplikasi atau platform yang diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.

4.Menghindari Penny Stock

Strategi trading saham untuk pemula yang perlu diperhatikan adalah menghindari penny stock. Walaupun sudah menawarkan harga yang rendah namun ada beberapa saham yang tidak likuid dan dapat meningkatkan risiko kerugian.

5.Perhatikan Risk and Reward

Dalam kegiatan trading, tentunya sudah tidak asing lagi dengan Risk Reward Ratio. Indikator tersebut biasanya berfungsi sebagai alat pengukur untuk membandingkan keuntungan dan risiko. Sehingga fungsinya cukup esensial yang perlu diperhatikan oleh trader pemula.

Supaya bisa meraih nilai yang tinggi, trader harus mengetahui cara mempertimbangkan risiko untuk menghindari kerugian. Nilai perbandingan potensi keuntungan harus lebih besar daripada risiko agar mudah dalam meraih harga penjualan tertinggi.

6.Memanfaatkan Perusahaan Sekuritas

Salah satu panduan strategi trading saham untuk pemula yang harus diterapkan adalah memanfaatkan perusahaan sekuritas. Perusahaan tersebut lebih sering dikenal sebagai pialang saham yang bertugas untuk menjual dan membeli saham.

Meskipun sekarang sudah banyak perusahaan sekuritas, tetapi tidak semuanya bisa menghasilkan keuntungan yang besar. Oleh sebab itu, penting untuk memilih perusahaan yang mempunyai persentase harga rendah.

7.Membuat Rekening Efek

Jika sudah memiliki perusahaan sekuritas, seorang trader bisa mulai membuat rekening efek. Caranya mudah karena pendaftaran bisa dilakukan secara online melalui aplikasi. Cukup isi formulir atau kunjungi langsung agen perusahaan.

8.Mempelajari tentang Trading Saham

Hal paling penting yang tidak boleh dilewatkan dalam merancang strategi trading adalah modal pengetahuan. Setiap trader harus bisa memahami tentang konsep, cara, strategi, hingga risiko saat melakukan trading. Ada berbagai hal yang harus dipelajari dalam trading saham supaya bisa meraup keuntungan sebesar-besarnya. Tak perlu khawatir karena sekarang sudah banyak informasi dan materi yang bisa didapatkan dari internet.

Namun jika ingin mendapatkan materi tentang strategi trading saham untuk pemula yang berkualitas, sebaiknya pilih dari Astronacci Shop. Tersedia berbagai materi seputar trading yang telah dikemas secara menarik dalam e-book serta video edukasi.

 

RECOMMENDATION FROM EXPERT:

  • Investasi ilmu itu PENTING! Terus belajar dan jangan menyerah,dapatkan berbagai edukasi yang kamu butuhkan di astronaccishop.com
  • Bagikan artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN KONSULTASI GRATIS langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail
  • CALL atau Whatsapp saya ke +62 877-8970-0064 cari CAROLINE atau silakan klik DISINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami