SUPPORT DAN RESISTANCE DALAM TRADING

Written by Anthonius Edyson, CWM, CTA, November 17, 2020

Semua kejadian yang terjadi pada market akan memperlihatkan pola yang dinamis dan statis. Dikatakan dinamis karena market selalu berubah-ubah dan hal itu tidak akan ada yang sama dari segala bentuk pergerakannya disetiap waktu. Namun juga bisa dikatakan statis, karena market juga bisa memberikan tanda-tanda berupa support dan resistance. Lalu bagaimana caranya membuat titik support maupun resistance tersebut? Apakah pemahaman mengenai support resistance cukup mudah?

Support dan resistance adalah salah satu konsep yang paling banyak digunakan dalam trading. Prinsip dari support dan resistance ini adalah menemukan pola pergerakan dari mata uang yang kita transaksikan. Anehnya, semua orang tampaknya punya strategi mereka sendiri tentang bagaimana cara mengukur support dan resistance.



Pada intinya yang Anda inginkan mungkin bagaimana menggambar garis dimana jika harga mendekati atau menyentuh garis support maka market akan memantul ke atas, atau pun sebaliknya menggambar garis resistance dimana market akan memantul ke bawah jika mendekati atau menyentuh garis tersebut.

Support
Pola ini berdasarkan pada suatu batas bawah, yaitu sekelompok harga-harga terendah yang terjadi beberapa waktu yang lalu. Sekelompok harga ini kemudian membentuk suatu kekuatan harga di level support yang biasanya sulit untuk dilalui oleh penurunan harga lebih lanjut.

Resistance
Pola ini adalah kebalikan dari support, yaitu sekelompok harga-harga tertinggi yang terjadi beberapa waktu yang lalu dan membentuk suatu kekuatan harga di level resistance. Level ini umumnya sulit dilalui oleh kenaikan harga lebih lanjut.

Baik support atau resistence pada dasarnya adalah level harga yang dijaga dan disepakati untuk sementara, jangan dilewati dulu sampai adanya sebuah kondisi yang memaksa level harga tersebut untuk berubah.

Salah satu faktor yang mempengaruhi perubahan kejadian diatas adalah berita fundamantal, dimana harga suatu pair mata uang bisa melanggar aturan-aturan support dan resistance dan cenderung menguat di arah tertentu sesuai sentimen pasar atas respon berita penting tersebut.

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami