THE BILLIONARE START : TIPS BERBISNIS DI PASAR SAHAM

Written by Karlina, November 19, 2020

Belakangan ini, trend investasi saham mulai banyak diminati oleh banyak kalangan, mulai dari Saham dirasa menjadi instrumen investasi yang menjanjikan keuntungan besar dibandingkan dengan instrumen bisnis atau investasi yang lainnya. Selain pertimbangan tersebut, memaksimalkan profit dalam investasi saham adalah hal yang perlu anda lakukan sebagai investor, jika tidak? Maka akan sangat sia-sia apa yang telah anda lakukan untuk memilih investasi di saham. Sudah banyak diketahui bahwa saham ini memiliki keunggulan jika digunakan sebagai media bisnis ataupun investasi. Saham merupakan investasi jangka panjang yang paling banyak dipilih. Berinvestasi seperti halnya berbisnis yang membutuhkan strategi untuk bisa memaksimalkan keuntungan yang diperoleh dan meminimalisir kerugian.

Selain itu, Anda perlu menyingkirkan emosi dari aktivitas di pasar saham. Susun kriteria tertentu dimana Anda akan membeli atau menjual saham segera setelah kriteria tersebut terpenuhi. Jangan ambil keputusan untuk membeli ataupun menjual dalam kondisi emosional, karena takut harga merosot, panik rumor yang tidak jelas kebenarannya, atau sejenisnya. Membuat keputusan dalam kondisi emosional berpotensi memberikan hasil mengecewakan. Oleh karena itu, singkirkan emosi-emosi yang tidak perlu. Di luar negeri, investor bahkan memanfaatkan software trading otomatis yang dibangun berdasar kriteria spesifik masing-masing investor demi agar emosi bisa dijauhkan dari keputusan membeli dan menjual saham.

Untuk itu sangat perlu melakukan analisa dan mempelajarinya dan hal tersebut tidak instant untuk bisa dilakukan. Selain hal tersebut, ada satu lagi yang dapat Anda lakukan untuk "cepat" mendulang keuntungan dari pasar saham. Yaitu bergabung dengan komunitas! Mari coba kita renungkan dan flashback, ketika Anda masih menjadi trader pemula, pernahkah Anda merasa bingung atau butuh tuntunan? Disadari atau tidak, Anda pasti pernah bingung saat menghadapi tantangan-tantangan dalam trading.

Banyak trader yang kehilangan uang di akunnya karena tak memiliki pedoman trading yang tepat atau sosok yang memberikan petunjuk berharga tentang lika-liku trading. Tipe trader semacam ini biasanya harus belajar dari kesalahan sendiri, yang tentunya "sangat mahal" karena kesalahan itu pasti menimbulkan LOSS yang harus ditanggung.

Pentingnya Komunitas untuk Trader

Untuk menjadi seorang trader yang sukses dan profitable, Anda tak harus menempuh jalur itu. Daripada bingung saat trading sendiri, dan ujung-ujungnya LOSS, Anda sebenarnya bisa berkomunikasi dengan trader lain untuk saling bertukar ide, pengalaman, dan pelajaran-pelajaran apa saja yang penting diperhatikan saat trading. Nah, mediator yang paling tepat untuk memfasilitasi komunikasi antar trader (baik dalam aspek horizontal atau vertical) tentunya adalah KOMUNITAS TRADER. Tak perlu dipusingkan oleh jarak dan waktu, karena saat ini sudah banyak komunitas trader online yang bisa menghubungkan ribuan trader secara virtual dan real-time. Ambil saja salah satu contohnya, perusahaan terbesar di bidang Research yang ada di Indonesia, Astronacci telah memiliki komunitas trader yang bernama A-CLUB. Hingga saat ini, A-CLUB yang telah beranggotakan ratusan member dari seluruh Indonesia ini telah mencapai berbagai pencapaian yang sangat membanggakan.

Seorang trader selalu dituntut untuk up to date dengan info pasar terbaru, agar trader tidak buta arah dengan kondisi terkini yang melatarbelakangi pergerakan harga. Aktivitas ini bisa juga dilakukan di komunitas trader, bahkan dengan lebih mudah dan efisien dari cara umumnya. Jika biasanya Anda harus capek-capek untuk mencari berita dari berbagai sumber seperti koran, majalah, internet, atau harus menonton terus channel seperti Bloomberg, CNN, IDX Channel , dsb. Jika Anda tergabung dalam sebuah komunitas trader, Anda hanya tinggal bertanya kepada mentor ataupun rekan-rekan yang ada disana.

Berbagi ide, signal, serta informasi tentang bisnis trading merupakan hal yang wajar dilakukan dalam suatu komunitas trade. Tapi pastikan kalau Anda memilih komunitas trader yang baik, yang dapat selalu mensupport Anda dan juga dapat memberikan Anda rekomendasi-rekomendasi yang berkualitas sehingga perjalanan trading Anda dapat lancar dan sukses.

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami