TIPS BAGI TRADER SAHAM SAAT EKONOMI SEDANG MELEMAH

Written by Hana Florencia, May 13, 2022

Resesi atau kemerosotan adalah kondisi ketika produk domestik bruto (GDP) menurun atau ketika pertumbuhan ekonomi riil bernilai negatif selama dua kuartal atau lebih dalam satu tahun. Resesi dapat mengakibatkan penurunan secara simultan pada seluruh aktivitas ekonomi seperti lapangan kerja, investasi, dan keuntungan perusahaan. Ketika ekonomi sedang turun kinerjanya, anda mungkin akan mendengar dan melihat berita mengenai melempemnya sektor properti, peningkatan jumlah pengangguran, dan menyusutnya total produksi ekonomi. Hal ini sangat berkaitan erat dengan perkembangan saham-saham di perusahaan emiten.  Jadi, ditengah situasi resesi saat ini investor saham (trader) perlu mengetahui cara memilih saham yang baik untuk dijadikan investasi.

1. Jangan langsung jual aset Anda. Memang kelihatannya menakutkan ketika harga saham sedang jatuh dan nilai investasi Anda menurun. Anda mungkin tergoda untuk menjual saham-saham Anda, tetapi sebagian besar konsultan keuangan setuju untuk tidak langsung menjual saham pada gejala pertama resesi. Salah satu alasannya, pasar saham bergerak beberapa bulan sebelum ekonomi secara keseluruhan sehingga ketika resesi diketahui, nilai aset sudah turun cukup banyak. Sebagai tambahan, penjualan dan pembelian aset secara sistematis di saat yang tepat, walaupun secara teori menguntungkan, adalah di luar kemampuan sebagian besar investor.

2. Kemungkinan juga tindakan Anda dipengaruhi resesi di masa lampau. Sebagai contoh, Anda mungkin melihat perusahaan di bidang teknologi yang pulih setelah resesi terdahulu dan merasa industri teknologi melupakan lahan investasi yang menguntungkan. Namun, pemikiran ini tidak bijak, karena tidak pernah ada dua resesi yang sama persis.

3. Jangan jual cepat saham sebelum resesi. Jual cepat pada intinya merupakan penjualan saham sebelum dibeli karena berjudi nilai saham akan menurun. Sebagai investor, keuntungan lebih besar diperoleh melalui perolehan saham pada harga lama (lebih tinggi) untuk saham yang sekarang harganya lebih murah. Namun, hal ini risikonya tinggi dan bahkan tidak terbatas jika tidak dilakukan dengan benar. Walaupun resesi adalah alasan harga saham akan turun, Anda tidak bisa memprediksi pasar.

4. Evaluasikan posisi dan kepemilikan Anda. Banyaknya risiko pada portofolio akan menentukan seberapa baik ketahanannya selama resesi. Jika Anda memiliki utang berisiko tinggi atau saham perusahaan yang sedang kesulitan, kemungkinan Anda akan merugi selama resesi. Sebagian kerugian ini mungkin tidak akan pernah dipulihkan jika perusahaan yang diinvestasikan gulung tikar selama resesi. Dengan demikian, investor yang konservatif dapat meminimalkan rugi selama resesi. Pertimbangkan posisi Anda sebelum bertindak. 

5. Tentukan investasi yang ingin dipertahankan. Biasanya, perusahaan besar dan mapan akan memiliki panduan dan cadangan modal untuk menanggulangi resesi. Semua investasi pada perusahaan-perusahaan ini sebaiknya tidak disentuh, karena kemungkinan besar nilanya akan pulih. Hal yang sama berlaku pada obligasi berkualitas tinggi, terutama milik pemerintah. Nilai investasi ini kemungkinan besar akan meningkat akibat penurunan suku bunga untuk meningkatkan ekonomi yang lesu akibat resesi.

6. Tentukan investasi yang ingin dijual. Anda dapat menjual investasi pada perusahaan yang siklikal atau memiliki utang besar terhadap asetnya. Perusahaan siklikal adalah perusahaan yang bergantung pada kepercayaan diri dan kebijaksanaan pengeluaran pelanggan, misalnya barang elektronik dan pakaian mewah. Kondisi resesi menurunkan penjualan dan laba perusahaan-perusahaan ini sehingga rawan kerugian dan bangkrut. Tidak jauh berbeda, perusahaan dengan rasio utang yang tinggi mungkin tidak mampu membayar utangnya selama resesi.

RECOMMENDATION FROM EXPERT :
  • Apakah anda sudah mengetahui TIPS MEMILIH SAHAM SAAT RESESI? BACA dan PAHAMI artikel di atas.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari FLO silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami