TIPS DIVERSIFIKASI PORTOFOLIO SAHAM

Written by Caroline, CWM, April 26, 2022

Investasi semakin disukai termasuk di kalangan milenial. Setiap orang memiliki tujuan investasi yang berbeda-beda tentuya dengan hadapan akan mendapatkan keuntungan di kemudian hari.

Diversifikasi berarti menempatkan dana investasi di beberapa instrument investasi dengan karakteristik yang berbeda-beda. Karakteristik yang dimaksud adalah likuiditas, risiko dan potensi keuntunan yang akan dihasilkan dari masing-masing pilihan instrument investasi.

Ada beberapa langkah yang  dapat dilakukan sebelum mulai melakukan diverisifikasi portofolio diantaranya :

1. Pahami Tingkat Toleransi terhadap Risiko

Tingkat toleransi setiap orang tentunya berbeda-beda. Sebelum melakukan diversifikasi portofolio, pastikan untuk pahami dulu apakah kamu dapat menerima risiko yang tinggi atau tidak, kemudian tentukan juga batas risiko minimum yang bisa diambil.

 

2. Tentukan Target Aset yang ingin Diinvestasikan

Setelah menentukan toleransi risiko, selanjutnya tentukan target asset yang diinginkan untuk diinvestasikan. Apabila tujuan keuangan dan tingkat toleransi terhadap risiko itu seimbang, maka hal ini dapat membantumu menentukan target investasi dalam memperluas portofolio yang dimiliki.

 

3. Rutin melakukan Rebalancing

Rebalancing adalah suatu proses dimana investor menyeimbangkan bobot asset yang diinvestasikan dalam suatu portofolio investasi. Tujuannya untuk membuat bobot portofolio investasi yang seimbang. Rebalancing bisa dilakukan setidaknya setiap 1bulan sekali untuk memastikan bahwa portofolio tetap sesuai dengan tingkat toleransi risiko dan sesuai dengan tujuan keuanganmu. Misalnya, target alokasi portofolio Anda adalah 50% saham dan 50% obligasi. Apabila, suatu ketika harga saham naik dan menambah bobot saham menjadi 70%, maka Anda dapat memutuskan untuk menjual sebagian saham miliknya atau membeli obligasi.

 

4. Fokus Terhadap Tujuan Keuangan Jangka Panjang

Apapun instrument investasi yang dipilih, pastikan investasi tersebut dapat mencapai tujuan keuanganmu. Bila tujuan keuangannya jangka panjang, mala fokuslah memilih investasi yang cocok untuk jangka panjang. Jangan mudah tergiur oleh profit jangka pendek yang dapat mengganggu tujuan investasi. Jangan mudah tergiur oleh instrumen investasi yang bisa menghasilkan keuntungan dalam waktu singkat. Ini akan berbahaya untuk Anda sendiri.

-Never put all your eggs in one basket!-

 

Saat ini pemula tidak perlu bingung harus belajar trading saham yang lengkap dan terstruktur darimana, karena astronaccishop.com menyediakan panduan wajib untuk pemula belajar trading saham dengan MUDAH dan MURAH!

Klik disini untuk dapatkan video edukasinya ya.

 

RECOMMENDATION FROM EXPERT:

  • Investasi ilmu itu PENTING! Terus belajar dan jangan menyerah,dapatkan berbagai edukasi yang kamu butuhkan di astronaccishop.com

  • Bagikan artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN KONSULTASI GRATIS langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail

  • CALL atau Whatsapp saya ke +62 878-7283-4897cari CAROLINE atau silakan klik DISINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami