TIPS MEMILIH SEKURITAS SAHAM TERBAIK SEBELUM ANDA MULAI INVESTASI SAHAM

Written by Hanna Dalimunthe, April 05, 2022

Ketika Anda akan memutuskan dan meyakinkan diri untuk memulai berinvestasi, maka Anda perlu mengetahui akan buka rekening sekuritas dimana, seperti apa, serta mencari dimana yang tepat akan memulai investasi dan pada sekuritas apa akan dipilih. Oleh karena itu perlu mengetahui dan mencari tahu jenis jenis dari sekuritas yang akan dipilih sebagai broker untuk berinvestasi yang sifatnya jangka panjang tentunya. Agar Anda tidak salah langkah, dan terjebak di Investasi bodong maka perlu mencari tahu dan tips memilih sekuritas saham terbaik bila ingin berinvestasi saham.  Ketahuilah ciri-ciri berikut ini:


KETAHUI LEGALITAS NYA

Memilih sekuritas untuk investasi saham perlu dilakukan dengan cermat. Langkah awal yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengecek perizinan sekuritas tersebut. Apakah sudah memiliki izin beroperasional di idnoensia, apakah sudah terdaftar di  Bursa Efek Indonesia dan tentunya yang sudah masuk dalam jaringan dan memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan sudah memiliki keanggotaan di BEI itu sendiri. OJK sendiri membedakan broker dalam beberapa jenis berdasarkan perannya, yakni:

  • Perantara Pedagang Efek (PPE) - broker yang melakukan jual-beli efek, baik itu bagi kepentingan nya sendiri maupun bagi orang lain. Namun, PPE tidak bisa menjadi penjamin bagi emisi efek. 
  • Penjamin Emisi Efek (PEE) - izin bagi broker yang menjamin emisi atau sponsor perusahaan yang ingin melantai di bursa. Izinnya sendiri juga berlaku bagi PPE, maka tak heran banyak dipilih oleh sebagian besar broker di Indonesia.


PERHATIKAN BERAPA KALI SEKURITAS MENJADI UNDERWRITER
Berikutnya dalam berinvestasi saham, perhatikan juga berapa kali broker atau perusahaan pernah menjadi underwriter. Adapun maksud dari underwriter adalah sejauh mana perusahaan atau sekuritas membuat sebuah kontrak bersama emiten (perusahaan yang ingin melantai di bursa) untuk menjadi penjamin emisi atau  sponsornya sertamelakukan penawaran  umum ke investor untuk kepentingan emiten. Atau menjadi pialang yang menjadi perantara antara pemilik perusahaan yang mau melantai di Bursa dan dijual ke Public hingga ada Investor yang mau membeli saham suatu emiten tersebut. Kewajiban sekuritas yang menjadi underwriter adalah patuh terhadap semua perjanjian kontrak emisi, serta melihat dan mengungkapkan keterbukaan informasi,afiliasi maupun hubungan lain yang sifatnya material di antara broker atau emiten.

Di Indonesia, sekurtias terpercaya yang memiliki riwayat underwriter terbaik ada di UOB KayHian dan juga bisa menjadi refrensi di sekuritas Sucor Premiere menjadi yang banyak dipilih oleh investor yang akan melakukan investasi saham karena reputasinya yang baik.


CEK MINIMAL MODAL DAN BERAPA BESAR FEE TRANSAKSI 
Ketika Anda akan memilih sekuritas saham terbaik, pastikan pula sudah mengecek berapa modal awalnya dan besaran komisi atau fee transaksi. Saat memasukkan jumlah modal awal, pastikan sudah sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda. Biasanya, besaran modal awal memang beragam, mulai dari Rp10 juta hingga Rp50 juta. Meski begitu, beberapa sekuritas menawarkan modal awal yang lebih terjangkau dari jumlah tersebut, tergantung sasaran investor dari sekuritas itu sendiri. Bahkan di UOBKayHian Premiere dan juga Sucor Premiere ini tidak ada minimal transaksi dan tidak ada berapa setoran awal nya, jadi diserahkan semua kepada para investor berapa nya. di UOBKayHian ini menggunakan platform UTRADE ID dan untuk Sucor Premiere ini menggunakan platform SPOT dan memilikki feee transaksi yang berbeda, untuk informasi lebi8h lengkapnya bisa hubungi Hanna di bawah ini berapa fee transaksinya dan bagaimana memulai investasi saham dengan baik dan benar. Tentunya modal awal menjadi pilihan dan penentu seberapa besar keinginan investor mau berinvestasi, carilah komisi yang kecil dan yang mudah saat melakukan transaksi. 
 

RECOMMENDATION FROM EXPERT :
Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Hanna untuk mengenal trading lebih detail.
CALL atau whatsapp dan cari HANNA silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami