TIPS MERAUP DIVIDEN SAHAM DENGAN TEPAT

Written by Hana Florencia, March 30, 2021

Bagi mereka yang aktif berinvestasi saham, menunggu pembagian dividen merupakan salah satu cara untuk mendapatkan cuan. Nah, sebelum memasuki cara mendapatkan dividen saham, ada baiknya anda mengenal lebih dekat apa itu dividen.


Pengertian Dividen

Dividen sendiri merupakan salah satu pembagian laba kepada pemegang saham. Nilai yang diperoleh para pemegang saham tergantung dari jumlah saham yang dimiliki, yang seringkali dikenal dengan satuan Lot (100 lembar saham).

Semakin banyak jumlah saham yang anda miliki, maka semakin banyak pula jumlah dividen yang akan anda terima. Umumnya, sebuah perusahaan akan membagikan dividen dalam tempo satu tahun sekali. Tapi ada juga yang melakukannya dua kali setahun. Sangat tergantung dari kebijakan perusahaan tersebut.
Patut diingat juga, kadang kala perusahaan tidak membagikan dividen. Bisa jadi karena perusahaan menggunakan laba yang didapat untuk modal pengembangan usaha mereka.  Atau karena alasan lain, seperti tidak mendapat keuntungan pada periode keuangan terakhir perusahaan.
Untuk cara pembagiannya, juga ada dua tipe. Yaitu dibagikan dalam bentuk tunai dan dalam bentuk saham.


 

Untuk menyempurnakan dividen yang Anda peroleh, tidak ada salahnya kalau mengikuti tips di bawah ini, agar tetap mendapat keuntungan dalam jangka panjang.

 1. Pahami Tanggal Cum Date

Cum Date merupakan salah satu istilah yang digunakan dalam investasi saham, yang berarti hari terakhir atau deadline untuk mendapatkan dividen. Hanya mereka yang masih memegang saham pada saat Cum Date yang nantinya berhak mendapat dividen. Anda juga bisa membeli saham dari perusahaan yang akan membagikan dividen pada Cum Date.

Hal ini membantu Anda untuk tetap menanamkan saham dan mengelola pendapatan dengan baik. Selain mendapatkan keuntungan dari kenaikan harga saham, Anda juga mendapatkan "bonus" dari perolehan dividen.


2. Pahami Tanggal Ex Date Saham

Selanjutnya langkah yang bisa dilakukan untuk bisa mendapatkan atau mengelola dividen saham yaitu dengan mengetahui tanggal Ex Date, yaitu hari berakhirnya pembagian dividen dari emiten. Tanggal Ex Date selalu satu hari kerja setelah Cum Date. Ingat ya, satu hari kerja, bukan jumlah hari di kalender.

Anda yang membeli saham saat Ex Date, tentu saja tidak akan mendapatkan keuntungan dari pembagian dividen. Sementara untuk penjual, investor masih akan memperoleh dividen apabila melakukan aksi jual pada jadwal Ex Date, karena investor masih tercatat sebagai pemegang saham A pada jadwal Cum Date.

Anda perlu memperhatikan tanggal-tanggal krusial dalam pembagian dividen dari perusahaan yang menjadi target Anda.


3. Cermati Keuangan Perusahaan

Pastikan perusahaan yang dijadwalkan akan Cum Date punya fundamental keuangan yang kuat. Bisa dilihat dari performa tahunan dari perusahaan tersebut. Apakah selalu meraih laba atau hanya sekadar balik modal. Bahkan, lebih banyak mengalami kerugian dalam kurun waktu tertentu. Nilai dividen saham yang dibagikan ke investor sebenarnya tergantung dari kebijakan masing-masing perusahaan. Ada yang memberikan hanya Rp1 per lembar, ada juga yang memberikan keuntungan Rp2,000 per lembar. Kalau Anda bingung mana saja emiten dengan dividen tinggi, maka lebih baik fokuskan saja untuk membidik saham-saham yang tergabung dalam indeks IDX High Dividend 20.

Saham- saham tersebut nantinya menjadi saham yang paling terkenal atau diminati oleh investor, karena seringkali membagikan dividen paling besar. Selain itu, anggota indeks IDX High Dividend 20 juga memiliki fundamental yang sangat bagus dan tentu saja performa yang tidak kalah dengan perusahaan populer lainnya.

Selain memperhatikan daftar emiten dengan dividen terbesar serta jadwal-jadwalnya, investor juga perlu melakukan analisis saham perusahaan yang menjadi target, agar mendapatkan keuntungan lebih maksimal. Salah satunya dengan menggunakan indikator teknikal saham.


Sebenarnya, cara mendapatkan dividen saham perusahaan sebenarnya tidak terlalu sulit. Tak heran banyak investor yang melakukan cara ini untuk meraup cuan.

Namun, tetap harus diingat bahwa selalu ada risiko dari setiap langkah yang diambil. Pastikan risiko yang anda dapat masih lebih kecil dibanding keuntungan yang didapat.



RECOMMENDATION FROM EXPERT :

Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.

Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.

CALL atau whatsapp dan cari FLO silahkan hubungi DISINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami