TIPS PEMULA INVESTASI ANTI PUSING

Written by Hana Florencia, January 01, 2022

Banyak diantara kita yang ingin memulai sebuah investasi jangka panjang di saham. Tapi beberapa dari kita masih sering bingung bagaimana memulai investasi yang anti pusing?

Yuk kita simak tips berikut bagi Anda yang ingin berinvestasi yang dapat Anda praktekkan :

-       Anda dapat mempertimbangkan untuk berinvestasi pada saham perusahaan yang terdaftar dalam indeks LQ45 dan minimal sudah terdaftar minimal 5 tahun

Banyak Investor yang berpikiran saham dengan harga murah memiliki potensi pembelian dan dikoleksi lebih banyak dengan modal yang relatif lebih kecil. Tentu tidak salah, namun ada hal penting yang wajib Anda perhatikan diantaranya apakah saham tersebut termasuk kedalam saham indeks LQ45? Mengapa? Karena indeks LQ45 merupakan saham-saham pilihan yang tentunya sudah diseleksi secara ketat dan memenuhi kriteria. Saham-saham yang sudah bertengger minimal 5 tahun tentu telah diseleksi dan memiliki kualitas yang lebih baik dan stabil. Anda dapat memilih saham-saham yang Anda kenal baik yang tercatat di Indeks LQ45 ini. Ibarat kata “ Jangan membeli kucing dalam karung ya “.

-       Bila harga mengalami penurunan, jangan cepat panik

Ketika harga saham yang dibeli mengalami penurunan, banyak investor apalagi yang masih pemula mengalami kepanikan. Apabila kita menilik, banyak investor yang sudah lama terjun dalam dunia investasi malah melirik momen penurunan ini sebagai potensi untuk menambah porsi saham dan berpeluang mengoleksi saham lebih banyak di harga murah atau averaging. Umumnya investor yang sudah lama sudah memahami bahwa penurunan pada saham-saham apalagi pada saham indeks LQ45 ini bersifat sementara atau hanya terkoreksi. Tetapi teknik averaging tidak bisa digunakan di semua saham.

-       Gunakan dana dingin dalam berinvestasi

Banyak investor yang masih salah dalam cara berinvestasi yang tepat. Ada beberapa pemikiran yang salah kaprah sehingga tujuan investasi tidak dapat berjalan dengan baik karena adanya tekanan psikologi yang mempengaruhi ketika investor menggunakan dana yang digunakan untuk keperluan sehari-hari sebagai modal berinvestasi saham. Investasi membutuhkan waktu dan kesabaran yang tidak sedikit. Maka dari itu Anda disarankan untuk berinvestasi menggunakan dana dingin yaitu dana yang tidak tergunakan oleh kebutuhan harian Anda. Karena dalam berinvestasi tidak selalu profit yang akan Anda dapat. Ada kalanya Anda mengalami kerugian pula. Bila Anda ingin mulai berinvestasi dengan dana yang terbatas, Anda bisa menyisihkan dana dingin 10-20% dari penghasilan bulanan Anda.

-       Bila Anda ingin fokus berinvestasi jangka panjang, maka Anda bisa melakukan Set and Forget sehingga Anda bisa lebih fokus dalam tujuan Anda “Nabung Saham” dan tidak terpecah fokus karena melihat pergerakan harga terus menerus.

 

 

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.

Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.

CALL atau whatsapp dan cari FLO silahkan hubungi DISINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami