TIPS PEMULA MENJADI DAY TRADER YANG SUKSES

Written by Hana Florencia, January 06, 2022

Apakah seorang pemula bisa melakukan day trading dan menjadi trader yang sukses? Jawabannya tentu bisa. Dalam berinvestasi tujuan utama seorang trader adalah mencapai kemenangan dan meraih keuntungan. Namun tentunya didalam prosesnya ada banyak hambatan dan rintangan yang harus dilewati agar bisa mencapai tujuan tersebut. Bagaimana bila seorang trader saham mau melakukan day trading untuk meningkatkan peluang meraih profit?

Day trading sendiri adalah proses pembelian dan penjualan yang terjadi dalam periode satu hari. Artinya bila seseorang ingin melakukan day trading di pasar saham maka biasanya day trader melakukan proses jual beli dalam waktu singkat, bisa hitungan menit atau jam di hari yang sama. Untuk seorang pemula, Anda wajib mengetahui bahwa day trading ini membutuhkan analisa yang mendalam dan memakan stamina yang tidak sedikit karena dituntut lebih untuk memantau pergerakan grafik harga. Sehingga sebenarnya day trading sendiri kurang disarankan untuk investor saham apalagi yang masih pemula.

Bagaimana langkah tepat bila sorang pemula tetap ingin melakukan day trading dan terhindar dari risiko kerugian yang dalam?

  1. Realistislah Dalam Bersikap

Terlalu bernafsu dan serakah menjadi hambatan yang paling sering ditemui. Dengan waktu yang singkat apabila Anda terlalu bernafsu dalam trading maka bisa jadi bukannya keuntungan yang didapat malah menjadi kerugian yang dialami. Maka dari itu konsisten dengan profit kecil dulu tidak masalah daripada Anda berakhir dengan loss yang besar.

 

  1. Punya Cukup Pengetahuan

Day trading saham memiliki risiko yang tinggi. Oleh karena itu Anda perlu memiliki pengetahuan yang mumpuni mengenai pasar saham. Anda bisa belajar mengenal lebih dulu bagaimana prosedur dan tool tradingnya, mendapatkan informasi sebanyak mungkin mengenai saham yang akan ditradingkan, apa saja hal yang mempengaruhi sahamnya dan komponen lainnya yang perlu Anda ketahui lebih dulu.

 

  1. Batasi Jumlah Saham yang Akan di Tradingkan

Membatasi jumlah saham tentunya akan meminimalisir pula risiko yang bisa dialami. Sebagai pemula Anda bisa membatasi maksimal satu atau dua saham ketika Anda melakukan day trading. Sehingga Anda bisa lebih mudah mencari peluang profit lainnya juga.

 

  1. Kelola Margin Trading dengan Tepat

Margin Trading adalah dana yang disediakan oleh pihak sekuritas yang dapat digunakan. Artinya Anda meminjam dana dari perusahaan sekuritas tersebut. Margin dapat membantu memperkuat hasil trading Anda. Namun hati-hati dengan risiko yang ada. Pahami dulu risikonya saat Anda ingin menggunakan margin ini dan gunakan dengan cara yang tepat.

 

  1. Atur Money Management

Jangan mentradingkan seluruh modal yang Anda miliki apalagi di satu saham saja. Anda tetap harus mengelola dana yang Anda miliki sehingga Anda bisa berjaga-jaga apabila terjadi kerugian.

 

  1. Buat Strategi yang Benar

Sebelum Anda memulai trading Anda, sebaiknya Anda sudah mempunyai rencana kapan Anda akan entry dan kapan Anda memutuskan untuk exit dari pasar. Dan disiplin dengan rencana yang sudah dibuat.

 

  1. Atur Waktu yang Anda Luangkan untuk Day Trading

Seorang day trader harus siap mengalokasikan waktu sebanyak mungkin untuk memanfaatkan peluang sebanyak mungkin.

 

  1. Kendalikan Emosi dalam Trading

Dalam melakukan day trading pasti akan sangat sulit untuk mengendalikan emosi, apalagi dengan tuntutan waktu yang sangat cepat. Anda bisa belajar mengendalikan emosi, dan lebih menerima apabila mengalami kekalahan, sehingga tidak menimbulkan kemunculan rasa serakah dan ketakutan. Dengan belajar dari berbagai sumber terpercaya, Anda akan lebih percaya diri ketika menganalisa pergerakan saham. Tentunya dengan jam terbang yang lebih tinggi pasti lebih mudah mengontrol emosi dengan lebih baik.

 

 

 

 

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

 

Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.

Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.

CALL atau whatsapp dan cari FLO silahkan hubungi DISINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami