TIPS TRADING : MENJADI PROFITABLE TRADERS

Written by Indri Dwi Sapitri, November 28, 2020

“Apakah saya bisa menjadi traders profitable?” Jujur saja, pertanyaan berikut sering kita tanyakan pada diri sendiri. Tentunya hal itu sangatlah mungkin terjadi bahkan dalam waktu satu minggu, dan itu tergantung pada diri anda sendiri. Satu hal yang perlu anda lakukan adalah merubah pola pikir dan cara pandang Anda terhadap trading dan kebiasaan yang Anda miliki pada saat masuk-keluar market. Sudah saatnya menjadi trader yang profitable! Setuju?!

Salah satu penyebab utama traders LOSS adalah karena mereka terjebak dalam “lingkaran setan” tentang bagaimana kita entry posisi, tidak adanya trading plan yang membuat kita terus “mantengin” layar trading, yang akan membuat Anda keluar dari market terlalu cepat atau entry terlalu cepat.

Biasanya, traders seperti ini mengetahui kalau posisi yang dia entry sudah terlalu besar atau overlot. Karena tradingnya overlot, dia menjadi terlalu “Addicted” akan pergerakan harga sehingga dia terus was-was karena selalu kepikiran tentang posisinya dan tidak bisa benar-benar tenang sampai dia keluar dari market. Pernah merasa seperti itu? Apakah Anda tau kebiasaan ini adlaah kebiasaan yang sangat merusak? Kebiasaan ini akan membuat Anda selalu LOSS karena keluar market terlalu cepat atau masuk market terlalu lambat, hal selanjutnya yang akan dialami trader adalah kehancuran mental karena LOSS yang terus-menerus.

Nah sekarang, Apasih yang menyebabkan sebagian besar trader mengalami kekhawatiran tentang trading ini? Sehingga akhirnya mereka mengalami kehancuran mental yang parah. Saya disini mencoba merumuskan beberapa alasannya :

 

Trading Tanpa Ilmu yang Jelas
Trader newbie sering sekali mengalami hal ini, mereka ingin mendapatkan profit yang besar dalam waktu singkat tetapi tidak memiliki pengetahuan yang mumpuni. Sehingga mereka lebih terlihat sebagai “Gambler” daripada sebagai Trader, mereka lebih melihat trading ini bukanlah sebagai bisnis tetapi sebagai casino, Such a dumb ways to die!
 

OVERLOT
Karena tidak memiliki ilmu pengetahuan yang mumpuni, mereka jadi tidak punya money management yang benar. Lot yang mereka entry pun tidak terkontrol, lebih ke sembarangan sehingga sangat banyak lot yang di entry dalam satu waktu yang sama. Mereka cenderung ingin PROFIT tapi mereka tidak bisa menerima resiko LOSS, hal ini yang membuat sering keluar terlalu cepat dan entry yang terlambat.

Ketagihan Trading
Tidak jarang trader yang memiliki kebobrokan mental ini adalah trader yang memiiki skill analisa market yang lumayan bagus (average). Mereka cenderung menyukai sensasi dari volatilitas harga, “THE ADRENALINE JUNKIE”.

Sudah merasa Anda adalah salah satunya? Jadi, bagaimana saya menjadi seorang Trader yang PROFITABLE? Eitsss jangan khawatir, saya punya 3 Solusi nih untuk Anda supaya bisa mengatasi kondisi Mental yang hancur dalam trading, berikut adalah penjelasannya :

Trading dengan Lot yang Sesuai dengan Pengetahuan & Pengalaman trading Anda, Serta Sesuaikan dengan Equity yang Anda Miliki
Biasanya, banyak traders pemula memiliki keinginan cepat mendapatkan profit yang besar, cepat menggendutkan akun trading mereka, dan sebagainya. Padahal sebenarnya jika Anda baru memulai trading (setidaknya 6 sampai 12 bulan), Anda itu diibaratkan seperti bayi yang baru belajar berjalan. Sejenius apapun Anda, Anda harus menjajaki sedikit demi sedikit dunia trading ini.

Openlah Lot yang aman (0,1 untuk $1000). Jika kalian ingin bertahan dan sukses di market, Anda harus siap untuk belajar dengan pengalaman “ups and down” dalam bertrading yang akan memberikan Anda pengalaman yang sangat berharga  Bermain cantiklah dalam trading, dan jangan lupa untuk selalu memasang SL.
 

Carilah Kegiatan yang Membuat Anda Kembali PD dalam Trading
Pada saat LOSS tentunya kepercayaan diri dalam trading cenderung hilang. Kalian disihi harus melatih otakmu dan membuatnya berfikir jernih sehingga kamu bisa tenang kembali dan tidak terburu-buru saat melihat chart. Latihlah sedikit demi sedikit seperti open posisi dengan lot yang lebih kecil dari biasanya, open di pagihari, lalu lupakan dan biarkan market bergerak dengan sendirinya, dan buka kembali pada malam hari. Inilah yang disebut “Value of Doing Nothing”.
 

Cari Pengalih Perhatian
Pada masalah ketagihan trading yang tentunya bisa membuat trader yang handal pun mengalami kerugian, tentu solusi terbaik adalah mencari pengalih perhatian. Karena pada dasarnya, Trader yang sudah Ketagihan Trading itu tidak bisa melepas matanya dari market sehingga mereka sulit dalam membangun kembali kepercayaan diri yang sudah hilang. Pengalih perhatian yang sangat baik adalah Keluarga, Hobi, liburan, dan banyak lainnya.

Kesimpulannya jika kalian ingin menjadi trader yang PROFITABLE, kalian harus merubah cara berfikir kalian tentang trading. Cara-cara diatas merupakan cara yang paling simple dan efektif dalam merubah pola pikir yang keliru tersebut. “Be Realistic, Be honest with yourself and start small and slow and work your way up as you learn, build confidence and improve your ability.” – Nial Fuller.

RECOMMENDATION FROM EXPERT:

Jadi, diharapkan setelah membaca artikel ini anda terpacu dan termotivasi menjadi PROFITABLE TRADER dan terus belajar. Sudah saatnya ANDA menjadi trader yang profitable!

Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk memaksimalkan profit anda.

CALL atau whatsapp dan cari INDRI silahkan hubungi di +62 8788.42.50.484

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami