TIPS & TRICK MEMILIH SAHAM YANG TEPAT

Written by Hana Florencia, May 16, 2023

Saat membeli saham, berarti Anda membeli bagian kecil atau besar dari perusahaan yang telah listing di Bursa Efek Indonesia atau disebut dengan emiten. Sekarang zaman sudah semakin modern dengan berbagai perkembangan yang sangat canggih, semua orang yang memiliki komputer, gadget dan alat komunikasi dan dapat dipergunakan untuk membeli atau saham melalui secara mandiri dan online. Tapi jangan salah, akibat semua serba mandiri dan online terkadang atau bahkan keseringan trader malah pusing kapan menentukan untuk membeli saham karena kurangnya update informasi dan pengetahuan. 

  • Saat IHSG Mulai Rebound 

    Indeks Harga Saham Gabungan (disingkat IHSG, dalam Bahasa Inggris disebut juga Indonesia Composite Index, ICI, atau IDX Composite) merupakan salah satu indeks pasar saham yang digunakan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI; dahulu Bursa Efek Jakarta (BEJ)). Diperkenalkan pertama kali pada tanggal 1 April 1983, sebagai indikator pergerakan harga saham di BEJ, Indeks ini mencakup pergerakan harga seluruh saham biasa dan saham preferen yang tercatat di BEI. Di Bursa Efek Indonesia, IHSG tidak selalu naik terus, kadang ada waktu-waktu dimana IHSG mulai terkoreksi. Alasannya karena market sudah sampai pada titik jenuh setelah bearish selama beberapa bulan, hal lain juga karena para emiten merilis laporan keuangan ternyata umumnya memberikan laporan kinerja yang buruk, atau karena ada sentimen negative dari makro ekonomi Indonesia maupun global. Jika kamu menemukan kondisi seperti ini, dimana IHSG tampak turun grafiknya, maka yang harus dilakukan adalah wait and see, artinya jangan beli saham dulu dan perhatikan kondisi pasar lalu mulai beli saat IHSG tampak mulai bangkit lagi.
     
  • Tiap Kuartal

    Tiap kuartal ini dilakukan tiap 3 bulan sekali selama 4 kali dalam setahun karena perusahaan yang diperdagangkan di BEI diwajibkan merilis laporan keuangannya per 3 bulan sekali, adapun waktunya:

    1. Mulai 1-30 April (untuk masa kinerja perusahaan dari Januari hingga Maret)
    2. Mulai 1-30 Juli (untuk masa kinerja perusahaan dari April hingga Juni)
    3. Mulai 1-30 Oktober (untuk masa kinerja perusahaan dari Juli hingga September)
    4. Mulai 1-30 Maret (untuk masa kinerja perusahaan dari Oktober hingga Desember)

    Catatan: Rentan waktu antara 1 sampai 30 April adalah waktu para perusahaan merilis laporan keuangan.
     
  • Saat Ada Rencana Right Issue

    Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (Bahasa Inggris: Rights Issue) atau disingkat HMETD dalam pasar modal Indonesia adalah hak yang diperoleh para pemegang saham yang namanya telah terdaftar dalam daftar pemegang saham suatu perseroan terbatas untuk menerima penawaran terlebih dahulu apabila perusahaan sedang menjalani proses emisi atau pengeluaran saham-saham dari saham simpanan. HMETD ditandai dengan akhiran "-R" pada perdagangan bursa saham. Sebagai contoh, saham telkom memiliki kode TLKM, dan HMETD-nya adalah TLKM-R. Nah, tau ga? ternyata Right Issue yang bisa jadi peluang untuk membeli saham ketika perusahaan secara resmi menyampaikan rencana harga right issue yang lebih tinggi dari harga sahamnya. Contohnya, saham ABCD akan right issue dengan harga 3500, padahal di pasar saat ini harganya hanya 3000, nah inilah kesempatan kita untuk mendapat keuntungan karena saat RI haganya akan menyesuaikan harga right issue tersebut.
     
  • Saat Ada Yang IPO 

    IPO adalah singkatan dari Initial Public Offering atau Penawaran Umum Perdana, yaitu penawaran saham umum sebuah perusahaan untuk yang pertama kalinya pada public. Jadi perusahaan yang melakukan IPO adalah perusahaan yang baru bergabung menjadi anggota Bursa Efek Indonesia. Ingat! Tidak semua IPO perusahaan kita beli, karena terkadang ada yang fundamentalnya kurang bagus, terutama untuk kinerjanya di lima tahun terakhir. Cara taunya? Ya lewat prospektus yang dipublikasikan perusahaan. Perusahaan IPO yang layak dibeli tentunya yang sebaliknya, yaitu yang menunjukkan kinerja usaha yang cemerlang dalam 5 tahun terakhir.

RECOMMENDATION FROM EXPERT:

  • Jadi artikel ini dapat dijadikan patokan waktu untuk membeli saham dan sangat diharapkan anda bisa mempertimbangkan untuk membeli saham dengan tipe trading yang tidak merugikan anda. Anda yakin bisa jadi GOOD TRADERS! Terus belajar dan tetap semangat!
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan FLO silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami