TRADING VS INVESTASI, BEDANYA APA SIH?

Written by Caroline, CWM, April 14, 2022

Dalam dunia SAHAM, banyak sekali istilah yang mungkin belum dipahami oleh pemula. Idealnya, investor atau trader pemula harus rajin untuk belajar dan mencari informasi sebanyak-banyaknya sebelum mulai berinvestasi di pasar saham.

Salah satu istilah yang paling sering ditemukan adalah trading dan investasi, nah di artikel ini kita akan belajar dan mencari tahu, apasih perbedaan dari keduanya?

Saham itu apasih?

SAHAM, banyak masyarakat awam yang ingin trading di saham tapi sebenarnya belum paham saham itu apa. Nah saham merupakan bukti kepemilikan suatu perusahaan atau bukti penyertaan modal. Pemilik saham biasanyamemiliki hak untuk bisa medapatkan bagi hasil (dividen) sesuai dengan jumlah saham yang dimilikinya.

Investasi Saham

Investasi sendiri didefinisikan sebagai tindakan akumulasi suatu bentuk asset dengan harapan bisa mendapatkan keuntungan pada masa mendatang. Jadi, investasi saham bisa diartikan sebagai aktivitas menanam modal pada suatu perusahaan yang sudah melantai di Bursa Efek Indonesia dan memperjual belikan sahammya. Investasi bersifat pasif. Investor cenderung tidak terlalu peduli dengan turunnya harga saham dengan ekspektasi bahwa harga akan kembali naik nantinya. Investor dibagi menjadi investor institusi (perbankan, perusahaan asuransi dan lainnya) dan investor retail (investor perorangan). Salah satu investor terkenal adalah Warren Buffet.

Trading Saham

Trading saham memiliki arti sebagai kegiatan membeli dan menjual saham dengan memanfaatkan fluktuasi harga pasar setiap harinya. Apabila pada investasi saham anda bersikap pasif, pada trading saham anda akan lebih aktif. Trader saham akan memberikan waktu untuk analisa pasar dan memutuskan waktu dan harga terbaik untuk melakukan transaksi saham. Trading adalah aktivitas yang dilakukan trader dan dapat terjadi pada pasar saham maupun pasar obligasi. Trader melakukan transaksi dengan frekuensi yang jauh lebih banyak dibandingkan investor dengan jangka waktu pendek. Dengan begitu, trader bisa memperoleh capital gain yang lebih besar dari selisih harga yang terjadi ketika melakukan jual beli saham.

Trading VS Investasi, apasih bedanya?

  1. Prinsip: Buy and Hold vs Buy and Sell

Investor saham cenderung melakukan buy and hold ketika berinvestasi saham. Karena biasanya mereka menanam modal untuk rencana jangka panjang.

Sedangkan trader memiliki prinsip buy and sell, trader akan membeli saham pada harga tertentu dan menjualnya dalam waktu yang terbilang pendek asalkan nilai saham sudah dalam target profit yang diinginkan trader.

  1. Analisis Fundamental vs Analisis Teknikal

Investor saham cenderung menanamkan modal dalam jangka panjang, maka kebanyakan investor menggunakna analisa fundamental. Sedangkan trader lebih dominan menggunakna analisa teknikal.

  1. Resiko

Perbedaan selanjutnya adalah resiko. Apabila menilik resiko keduanya, maka resiko dalam berinvestasi saham jauh lebih rendah dibandingkan trading saham. Profit yang dihasilkan pun cenderung lebih rendah. Investor saham cenderung lebih selektif dalam memilih perusahaan yang akan menerima investasinya, biasanya investor lebih memilih perusahaan-perusahaan blue chip yang memang sudah terkenal dan terbukti memiliki fundamental yang baik.

Saat ini pemula tidak perlu bingung harus belajar trading saham yang lengkap dan terstruktur darimana, karena astronaccishop.com menyediakan panduan wajib untuk pemula belajar trading saham dengan MUDAH dan MURAH!

Klik disini untuk dapatkan video edukasinya ya.

 

RECOMMENDATION FROM EXPERT:

  • Investasi ilmu itu PENTING! Terus belajar dan jangan menyerah,dapatkan berbagai edukasi yang kamu butuhkan di astronaccishop.com
  • Bagikan artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN KONSULTASI GRATIS langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail
  • CALL atau Whatsapp saya ke +62 878-7283-4897cari CAROLINE atau silakan klik DISINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami