TRIK AMPUH TRADING SAAT MARKET SEDANG SIDEWAYS

Written by Danuh Nuraga, May 23, 2022

Sideways pada saham adalah harga saham yang berada pada kisaran yang sama untuk periode apapun.Pergerakan tidak membentuk titik tertinggi atau penembusan di atas harga tertinggi sebelumnya. Jika mereka melakukannya, itu akan menunjukkan breakout resistance.
Juga, pergerakannya tidak membuat titik terendah di bawah level support sebelumnya. Jika suatu saat harga saham menembus area support dan menutup harganya disitu, kemungkinan akan menjadi trend bearish. Tren datar sering ditemukan pada pasar saham diantaranya IHSG, LQ45, atau IDX30.
Sideways juga bisa diartikan kondisi ketika harga saham yang diperdagangkan di pasar bergerak relatif horizontal alias datar-satar saja akibat penawaran dan permintaan yang sama-sama kuat dalam periode waktu tertentu.
Kondisi ini biasanya terjadi selama tahap konsolidasi, sebelum harga melanjutkan tren sebelumnya atau justru berbalik ke tren yang baru. Nah, dihadapkan pada saham-saham yang sedang sideways, apa yang sebaiknya dilakukan investor atau trader? Berikut ini 3 tip menghadapi saham-saham yang dalam kondisi sideways:

1. Analisis Mendalam

TRIK AMPUH TRADING SAAT MARKET SEDANG SIDEWAYS

Langkah pertama yang wajib dilakukan yakni melakukan analisis secara komprehensif saham sideways sebelum mentradingkannya. Analisis dilakukan untuk melihat time frame pergerakan harganya apakah valuasinya benar-benar sudah murah atau belum.
lalu perhatikan trend sektornya dan cermati berbagai sentimen positif yang berpotensi menggerakkan saham tersebut sehingga bisa buy dan sentimen negatif yang berpotensi menumbangkan saham sehingga bisa sell.

2. Cermati Arah Market

TRIK AMPUH TRADING SAAT MARKET SEDANG SIDEWAYS1

Pergerakan market wajib dipantau, khususnya dengan berpatokan pada IHSG. Jika market sedang lesu sehingga IHSG cenderung flat karena tidak ada sentimen positif maka saham ada kemungkinan sulit untuk bangkit, tetapi jika IHSG sedang bullist maka ada peluang ikut terkerek apalagi ada sentimen positifnya.
Investasi saham saat ini sudah sangat mudah berbasis aplikasi, semisal dengan aplikasi IPOT besutan Indo Premier Sekuritas. Buy atau sell bisa dilakukan dengan mudah dan cepat dengan semartphone di genggaman tangan.

3. Analisa dengan Price Action

Analisis price action merujuk pada analisa teknikal berdasarkan pergerakan harga di masa lampau. Dalam hal ini trader bisa melihat pola tertentu pergerakan harga di masa lampau. Kendati ada pola tertentu, tetap harus dilakukan analisis fundamental dan teknikal, jadi bukan sekadar percaya dengan pola yang ditemukan.

Jika hanya percaya begitu saja dengan pola yang ditemukan dan meyakini itu maka jatuh-jatuhnya menjadi spekulasi. So, analisis fundamental dan teknikal wajib dilakukan.

 

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

- Pastikan Anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
- Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan
  Saya untuk mengenal trading lebih detail.
- CALL atau whatsapp dan cari DANUH silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami