WAJIB BACA! INI DIA 3 TUJUAN UTAMA INVESTASI BAGI PEMULA

Written by Danuh Nuraga, October 03, 2022

Ekspektasi yang tinggi, pengetahuan yang minim, cara analisa yang salah, tidak mengasah kemampuan belajar trading merupakan hal-hal yang perlu dijauhkan bagi Anda trader pemula. Secara sederhana investasi adalah penanaman uang atau modal dalam suatu perusahaan atau proyek untuk tujuan memperoleh keuntungan. Bukan hanya mampu memperoleh penghasilan yang menguntungkan, tetapi tujuan investasi pun berperan mengontrol sebuah perusahaan dan menjaga hubungan antar perusahaan.

Menurut para ahli, tujuan investasi adalah mampu menghasilkan pendapatan positif dan atau menjaga serta mampu meningkatkan nilainya.

Secara umum, memang tujuan dari seseorang berinvestasi adalah untuk memperoleh manfaat finansial. Manfaat tersebut bisa berupa imbal hasil ataupun dalam bentuk lainnya. Tujuan dari investasi yang dilakukan juga dapat dipengaruhi oleh jangka waktu yang dipilihnya, apakah jangka panjang atau pendek.

 

Tujuan dari Berinvestasi

Sebagaimana diketahui,  tujuan orang berinvestasi tentunya sangat beragam. Ada yang memang bertujuan untuk menyiapkan dana bagi masa depan dan ada juga yang hanya sekedar untuk mendapatkan imbal hasil secepatnya.

Nah, tujuan dari investasi tersebut bisa dikelompokkan menjadi beberapa bentuk, seperti pada penjabaran berikut ini.

 

1. Memperoleh Imbal Hasil

WAJIB BACA! INI DIA 3 TUJUAN UTAMA INVESTASI BAGI PEMULA1

Dengan berinvestasi, seseorang bisa memperoleh penghasilan pasif bahkan rutin setiap bulan layaknya gaji yang didapatkan dari kantor. Beberapa instrumen investasi memang memberikan manfaat dan imbal hasil setiap bulan kepada para investornya.

Sedangkan, untuk besarannya tergantung dari seberapa besar dan jenis investasinya. Contohnya adalah obligasi yang menawarkan imbal hasil dalam bentuk kupon yang diberikan kepada investor secara rutin setiap bulan.

 

2. Pengembangan Usaha

WAJIB BACA! INI DIA 3 TUJUAN UTAMA INVESTASI BAGI PEMULA2

Investasi juga bisa bertujuan untuk mengembangkan usaha yang telah dimiliki. Caranya adalah dengan mempergunakan imbal hasil yang diperoleh dari investasi sebagai tambahan modal untuk mengembangkan usaha dan bisnis yang telah dijalani.

 

3. Mempersiapkan Dana Tertentu

WAJIB BACA! INI DIA 3 TUJUAN UTAMA INVESTASI BAGI PEMULA4

Bisa saja seseorang melakukan investasi untuk mempersiapkan dana tertentu di kemudian hari. Semakin sulitnya mencari pekerjaan dengan gaji besar di masa resesi seperti ini membuat orang harus pandai merencanakan keuangannya. Investasi menjadi salah satu solusi untuk mengatur keuangan agar tidak habis begitu saja di masa mendatang.

Dana yang dimaksud misalnya untuk persiapan biaya sekolah anak-anak, biaya pernikahan ataupun dana pensiun kalau sudah tidak bekerja lagi nantinya. Semua itu bisa direncanakan dan dipersiapkan sejak awal melalui investasi.

 

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

- Pastikan Anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
- Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan
  Saya untuk mengenal trading lebih detail.
- CALL atau whatsapp dan cari DANUH silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami