YUK MULAI INVESTASI UNTUK MASA DEPAN KITA 

Written by Holis Syaputra, August 29, 2020

Investasi dapat diartikan sebagai penanaman asset atau dana yang dilakukan untuk jangka waktu tertentu untuk memperoleh timbal balik yang lebih besar dimasa yang akan datang. Terdapat berbagai jenis investasi yang tersedia pada saat ini, namun ada beberapa point penting yang perlu diperhatikan untuk menjadi panduan dalam melakukan investasi.

Investasi dapat dilakukan sedini mungkin, kita tidak perlu menunggu seampai mapan untuk dapat melakukan investasi, tapi kita bisa berinvestasi untuk memperoleh kemapanan. Investasi dapat diartikan sebagai penanaman asset atau dana yang dilakukan untuk jangka waktu tertentu untuk memperoleh timbal balik yang lebih besar dimasa yang akan datang. Terdapat berbagai jenis investasi yang tersedia pada saat ini. Dengan kondisi perekonomian yang semakin berkembang, investasi memiliki manfaat yang baik untuk masa depan, berinvestasi bisa membantu kita untuk memperoleh penghasilan yang potensial di masa depan, selain itu juga bisa menerapkan gaya hidup hemat dengan cerdas karena dana yang kita miliki akan tetap ada dan berkembang. Berikut ini beberapa faktor mengapa investasi itu penting untuk dilakukan :

Mencapai Kebebasan Finansial

Untuk memperoleh kebebasan finansial tentunya kita harus melalui jalan yang berliku, kita perlu mengetahui cara untuk mengubah keadaan untuk memperoleh kontrol dimasa yang akan datang. Pentingnya mengambil keputusan yang baik dan benar untuk mengubah kondisi finansial yang kita miliki bisa diterapkan dalam melakukan investasi, kita perlu memperhatikan kesiapan atau modal yang nantinya akan dialihkan jangan sampai investasi yang dilakukan mengganggu ke stabilan ekonomi untuk sehari-hari. Untuk mencapai kebebasan finansial kita bisa melakukan investasi sejak usia muda, pada dasarnya ide dasar dari kebebasan finansial adalah mengubah penghasilan aktif menjadi penghasilan pasif. Jadi semakin cepat kita melakukan investasi maka akan semakin cepat juga kita bisa meraih kebebasan finansial.

Sebagai Simpanan Dana Untuk Masa Tua

Masa muda adalah waktu yang paling tepat untuk merencanakan suatu hal di masa tua, karena persiapan untuk masa tua  tidak bisa dihadapi dalam jangka waktu yang singkat sehinga disinilah poin penting kita untuk mempersiapkan masa tuaa kita yang akan datang. Dalam melakukan investasi kita haruslah memiliki tujuan yang jelas untuk merencanakan apa yang akan dilakukan selanjutnya, tujuan dapat membantu menentukan jenis investasi yang nantinya dipilih. Salah satu manfaat dalam berinvestasi adalah untuk mempersiapkan dana untuk masa tua, meskipun kita memiliki usia yang masih muda namun sebaiknya kita juga sudah menyiapkan apa yang akan kita lakukan di masa tua agar memiliki langkah yang akan diambil untuk selanjutnya. Investasi saat ini memiliki berbagai jenis sehingga kita bisa memilihnya dengan pertimbangan yang baik dengan perencanaan agar dana investasi yang dilakukan terus bertambah seiring waktu.

Memiliki Dana Cadangan Untuk Saat yang Tak Terduga

Membagi kebutuhan prioritas, mengurangi kebutuhan yang berpotensi menambah pengeluaran, dan memperhatikan hal yang mungkin bisa ditunda merupakan suatu hal yang perlu diterapkan dalam mengatur kondisi keuangan. Kemudian untuk bisa mengatur keuangan yang dimiliki kita harus memiliki sikap yang konsisten, hal tersebut dapat kita lakukan untuk mencapai keuangan yang stabil sesuai dengan yang telah direncanakan. Dalam melakukan segala hal yang berkaitan dengan perputaran uang terdapat potensi resiko  yang selalu menyertainya, oleh sebab itu kita harus siap dengan resiko yang mungkin akan terjadi dan telah memperhitungkannya secara matang. Pada saat kita memiliki kebutuhan yang amat mendesak maka kita bisa memiliki persiapan dana bila dibutuhkan secara tiba-tiba. Dengan demikian kita tetap memiliki ke stabilan untuk menjalani keperluan sehari-hari.

Belajar Mengatur Keuangan

Investasi memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah kita bisa belajar untuk mengatur keuangan kita sendiri. Jadi kita bisa memilik prioritas apa saja yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu kemudian menyisihkan dana yang ada untuk berinvestasi dan kemudian berusaha untuk mencukupi kebutuhan untuk selanjutnya, lama kelamaan akan dapat terlatih untuk dapat mengnatur kondisi keuangan dengan berbagai kondisi. Dalam mengatur keuangan kita haruslah memiliki kondisi untuk mengatur diri kita sendiri, karena bila kita tidak bisa menahannya rencana yang telah dibuat sebelumnya tidak dapat berjalan dengan optimal, kontrol diri perlu dilakukan secara perlahan namun berkelanjutan sehingga kebiasaan - kebiasaan yang sebelumnya bisa berubah menjadi suatu hal yang berguna dimasa yang akan datang.

Berinvestasi merupakan suatu hal yang bisa kita lakukan sedini mungkin untuk masa depan, investasi akan sangat berguna diwaktu yang tepat. Dengan keadaan perekonomian yang tidak selalu stabil, berinvestasi adalah salah satu langkah strategis yang bisa dilakukan setiap orang untuk menghasilkan uang tambahan. tentunya kita ingin memiliki penghasilan tambahan di samping pekerjaan rutin yang kita kerjakan setiap hari, mempersiapkan dana pendidikan anak, atau sebagai jaminan untuk hidup layak di masa tua kelak. 

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari HOLIS silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami