YUK MULAI LAKUKAN INI SEBELUM ANDA NABUNG SAHAM 

Written by Hanna Dalimunthe, September 26, 2021

Saham sebagai salah satu instrumen investasi sepertinya belum terlalu dilirik publik. Masyarakat Indonesia bahkan lebih dikenal sebagai saving society ketimbang investing society. Karena itulah sejak beberapa tahun terakhir Bursa Efek Indonesia (BEI) memperkenalkan kampanye 'Yuk Nabung Saham'. Prinsipnya sama dengan menabung uang di bank, bedanya Anda tidak menabung dalam bentuk uang tapi uang Anda dikonversikan jadi saham tertentu.

Cara menabung saham yang baik memberikan kamu keuntungan dalam berinvestasi. Pengertian menabung saham adalah kegiatan pembelian terhadap persentase kepemilikan sebuah perusahaan. Saat kamu melakukan pembelian atau menabung, artinya kamu layak disebut sebagai pemegang saham dan berhak atas perolehan keuntungan perusahaan sesuai dengan persentase kepemilikan. Mendengar kata menabung, mungkin fokus kalian akan langsung tertuju ke bank atau celengan. Memang secara prinsip menabung saham dan menabung di bank sama saja, sama-sama menaruh aset kita untuk mempersiapkan bekal hidup. Nah, sebelum mulai menabung saham, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan

  • Sediakan Dana Darurat Sebelum Berinvestasi
    Sebagai pemula, jangan gegabah menginvestasikan seluruh uang ke pasar saham. Para analis keuangan pun selalu mengingatkan untuk menyediakan dana darurat sebelum berinvestasi. Biasanya besaran dana darurat adalah tiga kali pengeluaran per bulan. Mendiversifikasi instrumen investasi juga krusial, artinya Anda bisa pula menjajal instrumen investasi lain, misalnya menabung uang lewat deposito, logam mulia, atau mata uang asing.
     
  • Ketahuilah Saham adalah Instrumen Investasi Jangka Panjang
    Pergerakan saham dipastikan naik turun sesuai dengan kondisi pasar. Biasanya investor pemula akan panik saat saham yang dikoleksi turun harganya. Penting untuk dipahami bahwa saham merupakan instrumen jangka panjang. Idealnya investasi saham membutuhkan waktu hingga tiga tahun. Mengutip penjelasan dari seorang praktisi sekaligus pengamat investasi, Ryan Filbert: “Semakin panjang waktu menabung, akan semakin besar nilai kembali yang bisa kita rasakan. Disiplin menabung secara berkala akan membuat nilai tabungan saham kita makin besar.”
     
  • Membuka Rekening Efek
    Sama saja kaya menabung di bank-bank konvensional, kamu juga perlu membuka rekening saham terlebih dahulu untuk bisa mulai bertransaksi. Tapi, untuk membuka rekening ini kamu harus melalui perusahaan-perusahaan sekuritas atau broker. Di Indonesia sendiri sudah banyak perusahaan sekuritas yang terpercaya dan bisa kamu jadikan pilihan untuk membuka rekening. Menemukan mereka juga sangat gampang kok, biasanya sih bank-bank ternama juga memiliki anak perusahaan sekuritas, misalnya seperti BNI Sekuritas, Mandiri Sekuritas dan perusahaan sekuritas lainnya seperti Mirae Asset Sekuritas, Indo Premier Sekuritas dan masih banyak lagi. Tapi perlu diingat kembali, pastikan kamu memilih perusahaan sekuritas yang terpercaya dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).
     
  • Ketahui Tujuan dari Investasi Saham
    Sebelum memutuskan berinvestasi saham, Anda perlu memastikan terlebih dahulu apa tujuan dari berinvestasi. Hal ini tak hanya Anda lakukan saat ingin berinvestasi saham, tapi juga harus dilakukan saat akan melakukan investasi lainnya. Dengan mengetahui tujuan berinvestasi, Anda bisa mengetahui langkah apa selanjutnya yang harus dilakukan untuk bisa memenuhi tujuan tersebut. Jangan lupa pula untuk menetapkan target yang ingin dicapai.
     
  • Berapa Lama Ingin Investasi Saham
    Ada dua jenis investasi yang bisa dilakukan, yaitu investasi jangka pendek dan investasi jangka panjang. Untuk investasi jangka pendek, Anda perlu memerhatikan waktu yang tepat untuk membeli dan menjual kembali saham. Sementara untuk investasi jangka panjang, lebih memfokuskan pada saham yang akan dibeli dan dijual serta pada kisaran harga berapa saham tersebut akan dibeli dan dijual kembali. Jika Anda ingin memulai investasi saham, akan lebih baik untuk memulai investasi jangka panjang. Dengan begitu, nantinya hasil keuntungan lebih terasa ketika ditetapkan waktu jangka panjang.

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari HANNA silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami