YUK PELAJARI PASAR MODAL SEDINI MUNGKIN 

Written by Holis Syaputra, March 14, 2020

Pasar modal (capital market) merupakan pasar untuk berbagai instrumen keuangan jangka panjang yang bisa diperjualbelikan, baik surat utang (obligasi), ekuiti (saham), reksa dana, instrumen derivatif maupun instrumen lainnya. Pasar modal merupakan sarana pendanaan bagi perusahaan maupun institusi lain (misalnya pemerintah), dan sebagai sarana bagi kegiatan berinvestasi. Dengan demikian, pasar modal memfasilitasi berbagai sarana dan prasarana kegiatan jual beli dan kegiatan terkait lainnya.

Instrumen keuangan yang diperdagangkan di pasar modal merupakan instrumen jangka panjang (jangka waktu lebih dari 1 tahun) seperti saham, obligasi, waran, right, reksa dana, dan berbagai instrumen derivatif seperti option, futures, dan lain-lain.

Secara umum, Fungsi Capital Market adalah Sebagai Berikut


Menambah Modal Usaha
: yang dimaksud dengan menambah modal usaha yaitu dengan cara menjual saham yang dimiliki ke Capital market. Saham tersebut nantinya akan dibeli oleh perusahaan lain, masyarakat umum, atau bahkan lembaga pemerintahan.

Pemerataan Pendapatan: dalam kurun waktu tertentu, saham yang telah di beli nantinya akan mendatangkan deviden atau keuntungan kepada pihak pembeli. Oleh karenanya, penjualan saham dengan pasar modal dapat dinilai sebagai media untuk pemerataan penghasilan.

Sarana Peningkatan Kapasitas Produksi: terdapatnya tambahan modal yang diperoleh dari Capital market, maka produktivitas perusahaan akan ikut meningkat.

Sarana Menciptakan Tenaga Kerja: keberadaan pasar modal dapat menjadi pemicu munculnya berkembangkan industri lain yang bisa  melahirkan lapangan kerja yang baru.

Sarana Meningkatkan Pendapatan Negara: dividen yang diperoleh oleh pemegang saham akan dikenakan pajak oleh pemerintah. Sehinggam adanya pajak tersebut dapat memberikan pendapatan tambahan bagi negara.

Indikator Perekonomian Negara: kegiatan ekonomi (jual-beli) di pasar modal yang padat atau tinggi mengindikasikan bahwa kegiatan bisnis perusahaan berjalan dengan baik. Namun, hal itu juga berlaku sebaliknya.

Jenis dan Fungsi Pasar Modal


Pasar Perdana Primary Market

Pasar Perdana adalah penawaran saham pertama kali dari emiten kepada para pemodal selama waktu yang ditetapkan oleh pihak penerbit (issuer) sebelum saham tersebut belum diperdagangkan di pasar sekunder. Biasanya dalam jangka waktu sekurang-kurangnya 6 hari kerja. Harga saham di pasar perdana ditetukan oleh penjamin emisi dan perusahaan yang go public berdasarkan analisis fundamental perusahaan yang bersangkutan. Dalam pasar perdana, perusahaan akan memperoleh dana yang diperlukan. Perusahaan dapat menggunakan dana hasil emisi untuk mengembangkan dan memperluas barang modal untuk memproduksi barang dan jasa. Selain itu dapat juga digunakan untuk melunasi hutang dan memperbaiki struktur pemodalan usaha. Harga saham pasar perdana tetap, pihak yang berwenang adalah penjamin emisi dan pialang, tidak dikenakan komisi dengan pemesanan yang dilakukan melalui agen penjualan.

Pasar Sekunder Secondary Market

Pasar sekunder adalah tempat terjadinya transaksi jual-beli saham diantara investor setelah melewati masa penawaran saham di pasar perdana, dalam waktu selambat-lambatnya 90 hari setelah ijin emisi diberikan maka efek tersebut harus dicatatkan di bursa. Dengan adanya pasar sekunder para investor dapat membeli dan menjual efek setiap saat. Sedangkan manfaat bagi perusahaan, pasar sekunder berguna sebagai tempat untuk menghimpun investor lembaga dan perseorangan.

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail
  • CALL atau whatsapp dan cari HOLIS silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami