YUK PELAJARI TENTANG MATA UANG POUDSTERLING

Written by Geraldo Kofit, May 19, 2020

Pound Sterling adalah mata uang dalam Channel Islands (Aldernay, Guernsey, Jersey, Sark), Isle of Man, dan Inggris (Inggris, Britania Raya, Irlandia Utara, Skotlandia, Wales, Inggris, GB, GBR). Pound Sterling juga dikenal sebagai British Pound, Kerajaan Inggris Pound, UKP, STG, the Pound Inggris, Pondsterling Inggris, BPS, dan Sterlings. Dengan Rupiah Indonesia juga dikenal sebagai Rp. Simbol untuk IDR dapat ditulis Rp. Pound Sterling dibagi menjadi 100 pence. 

Sebagai mata uang terkuat dalam transaksi internasional, dolar AS (USD) memang dikenal sebagai nilai tukar yang cukup mendominasi di dunia. Tapi, bicara kurs tertinggi, umumnya pound sterling dikenal sebagai mata uang termahal. Negara Inggris mempunyai nama mata uang resmi bernama Pound Sterling. Negara kawasan Eropa yang tetap tidak mau kompak menggunakan mata uang Euro ini tetap menggunakan mata uang lamanya (Pound Sterling).

Pound sterling adalah mata uang yang paling populer di dunia karena m ata uang untuk Britania Raya yang dikenal sebagai GBP adalah mata uang yang digunakan di Jersey, Guernsey, Isle of Man, South Georgia, Kepulauan Sandwich Selatan, Wilayah Antartika Inggris dan Tristan da Cunha.

Mata uang yang satu ini sudah tidak asing bagi sebagian besar orang. Pound Sterling Inggris (GBP) sempat menjadi mata uang dunia serta berlaku secara hukum untuk negara – negara yang berada di bawah Kerajaan Inggris. Meskipun negara – negara tersebut tetap menggunakan mata uang lokal sebagai alat transaksi. Setelah Perang Dunia II berakhir, mata uang Pound Sterling memiliki nilai tukar terhadap dollar Amerika yakni £ 1 = USD4,03. Penetapan mata uang Pound Sterling terhadap Dollar tertuang dalam sebuah perjanjian yang dikenal dengan sistem Bretton Woods yaitu penentuan nilai tukar global setelah perang. Sedangkan saat ini 1 Pound Sterling = USD1,32 dan nilai tukar terhadap Rupiah yaitu Rp18.452,67.

Contoh Pair Mata Uang yang Dipasangkan Dengan Poundsterling (GBP)

GBP/USD


GBPUSD, yang sering disebut sebagai "The Cable", istilah valuta asing yang digunakan untuk menggambarkan pound Inggris vs dolar AS, adalah salah satu yang tertua pasangan mata uang yang diperdagangkan. Pada bulan Juli 1866, setelah upaya gagal sebelumnya, nilai tukar terpercaya pertama antara pound Inggris dan dolar AS yang ditransmisikan antara Bursa London dan Bursa New York. Pair GBP/USD sangat cocok untuk digunakan di semua time frame karena sering terjadi pergerakan searah sampai ratusan pip secara terus menerus.

Meskipun breakout ataupun reversal secara krusial di pair ini, para trader berpesan supaya menggunakan stop loss saat trading GBP/USD karena pada masa lalu banyak korban dari perihal ini. GBP/USD sering diperdagangkan mulai dari jam buka Landon sampai pertengahan sesi di New York (sekitar pukul 3 AM hingga 10 AM EST atau pukul 15.00 hingga pukul 22.00 WIB).

Mengetahui dan mengenali karakteristik dari pair GBPUSD menjadi krusial karena untuk menganalisa peluang resiko maupun keuntungan yang bisa diperoleh, Berikut karakteristiknya:

  • Spread dari Broker biasanya 2-3 pips. Catatan penting : jumlah ini bisa menjadi lebar seiring dengan perkembangan kasus dari Brexit
  • Range harian rata-rata 150 sampai dengan 200 pips.
  • Waktu trading terbaik pada sesi London dan New York sekitar pukul 14.00-03.00 WIB.

GBP/JPY


Pound Inggris (GBP) vs Yen Jepang (JPY) adalah pasangan yang sangat volatile. JPY sering digunakan sebagai mata uang pendanaan trading karena secara historis ia merupakan mata uang berimbal hasil rendah. Karena Inggris adalah salah satu ekonomi yang lebih besar di Eropa, pasangan GBPJPY dapat dianggap sebagai proxy bagi kesehatan ekonomi di seluruh dunia. Di sisi lain, pasangan ini berkinerja seperti representer untuk pergerakan market 'risk-off' seiring dengan trading pembawa mengalami pembalikan.

RECOMMENDATION FROM EXPERT :

  • Pastikan anda Mengetahuinya dengan BACA dan PAHAMI dalam artikel ini.
  • Share artikel ini ke temanmu dan DAPATKAN FREE KONSULTASI langsung dengan Saya untuk mengenal trading lebih detail.
  • CALL atau whatsapp dan cari GERALD  silahkan hubungi di SINI

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami