Faktor Eksternal Menekan IHSG pada Senin (9/5)

May 09, 2022

Story by : Dhiandra
Viewed 96 times

Sumber: www.investasi.kontan.co.id (9 Mei 2022)

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) setelah libur Idul Fitri 2022 diawali dengan penurunan signifikan. Pasar saham turun 4,42% ke level 6.909,75 pada Senin (9/5).

CEO & Founder PT Astronacci International Gema Merdeka Goeyardi menyebut terdapat beberapa poin dari kondisi makro ekonomi yang terjadi di dunia yang menekan IHSG. 

Kondisi-kondisi yang mempengaruhi pasar saham Indonesia  antara lain, nilai inflasi Amerika Serikat, pelemahan nilai tukar rupiah, konflik Rusia VS Ukraina, harga minyak dunia yang naik, serta kondisi makro ekonomi yang nyaris mirip seperti di tahun 2013. 

Dengan kondisi makro ekonomi yang terjadi di dunia saat ini, hal tersebut berdampak pada pergerakan IHSG. “Negara kita tidak hidup sendiri. Negara kita bergerak bersama-sama dengan negara lain, dan pastinya akan berdampak ke Indonesia," ujar Gema dalam risetnya, Senin (9/5).

Gema beberapa kali memprediksi IHSG crash sejak tahun 2013 menggunakan metode Astronacci (Astrology & Fibonacci). Kini kembali terbukti IHSG terjun bebas pada perdagangan hari ini.

IHSG hari ini, lanjut dia, telah memasuki zona resistance dari wave 5, yang diikuti dengan adanya momentum multiple bearish divergence. Idealnya penguatan telah terbatas dan bersiap untuk terjadi pelemahan yang signifikan menuju area support. 

a memprediksi IHSG akan kembali melanjutkan rally bullish berikutnya dengan target resistance terdekat pada area 7,800 setelah terjadi reversal pada area support.

"Ini adalah global disaster post covid yang menyebabkan inflasi yang harus dihadapi bersama. Harga pasti akan naik karena mengikuti global market," ujarnya.

Melihatnya penurunan yang signifikan pada market Indonesia, Astronacci International memberikan beberapa rekomendasi saham yang memiliki outlook bagus ke depannya di tahun ini seperti BMRI, BBRI, ASII, dan HRUM.

Analisa ini juga digunakan oleh institusi lokal maupun asing yang disediakan langsung oleh Astronacci International dan bisa didapatkan di Bloomberg. Hasil riset juga bisa didapatkan melalui aplikasi A-CLUB Super App yang bisa di download dari Playstore maupun App Store. 

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami