BANYAK FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TRADING NASDAQ? INI STRATEGINYA BIAR BISA UNTUNG

Written by cindy, October 27, 2023

Sebagai salah satu saham dengan sebagian besar terdiri dari sektor teknologi, Nasdaq tentu berbeda dengan Dow Jones dan juga S&P500. Indeks Nasdaq dihitung dari nilai kapitalisasi perusahaan yang ada di sana. Nilai ini sama dengan nilai agregat atau proporsi indeks yang harga jual akhirnya dipecah sesuai pembagi indeks.

Dalam kegiatan perdagangan trading Nasdaq, penting kiranya bagi traders untuk bisa mengerti dan memahami fundamental dan teknikal dalam pasar. Hal ini sangat berpengaruh terhadap psikologi atau kepercayaan diri traders dalam pengambilan keputusan untuk entry dan exit market.

 

ALASAN TRADING NASDAQ BANYAK DIGEMARI TRADERS

Lalu kenapa sih Nasdaq banyak digemari para traders? Padahal masih banyak pilihan instrumen lain dalam trading. Alasan utama banyak traders yang menggemari Nasdaq karena pada saat traders melakukan perdagangan di NQ100, maka traders akan mendapatkan banyak eksposur ke sejumlah besar perusahaan yang bergerak di bidang non-financial.

Alasan lain yang membuat Nasdaq ini banyak diminati, termasuk oleh traders dari Indonesia karena NQ100 memiliki pola grafik teknis yang cukup jelas. Sinyal masuk dan keluar yang ditampilkan berbeda, sehingga sangat memudahkan para traders. Likuiditas Nasdaq yang tinggi, dengan penawaran harga yang tergolong murah. Traders juga bisa memperjual belikan E-mini NQ100 Futures di CME (Chichago Mercantile Exchange)

 

CARA TRADING NASDAQ DI NQ100

Ada dua cara yang bisa dilakukan, pertama adalah dengan investasi, dan kedua yakni trading. Untuk berinvestasi di NQ100, investor dapat membeli saham-saham yang masuk ke dalam daftar NQ100 atau membeli ETF dengan index tersebut.

Untuk yang tertarik trading, traders bisa melakukannya dengan spread betting maupun CFD. Namun perlu diingat, meski leverage dapat meningkatkan keuntungan namun juga bisa meningkatkan kerugian bergantung pada ukuran transaksi. Dengan kedua cara tersebut, traders akan lebih mudah mendapatkan leverage untuk digunakan pada saat trading. Keduanya merupakan produk turunan atau derivatif yang ada di pasar uang.

 

KAPAN WAKTU UNTUK TRADING NASDAQ DI NQ100?

Bagi traders Indonesia yang ingin trading di Nasdaq, tentu saja waktunya menyesuaikan dengan waktu yang berlaku yakni ET (Eastern Time). Dibawah ini adalah waktu yang direkomendasikan untuk melakukan trading di Nasdaq :

Hari Minggu – Jumat (06.00 pm – 05.00 pm ET). Penghentian perdagangan berlaku mulai pukul 04.15 pm – 04.30 pm ET. Periode pemeliharaan dilakukan setiap Senin - Kamis pukul 05.00 pm – 06.00 pm ET. Bagi para traders di Indonesia, tentunya waktu- waktu tersebut harus disesuaikan dengan aktivitas yang sedang dilakukan di Indonesia.

TIPS MUDAH TRADING NASDAQ

  1. Pelajari Risk Management

Sebelum kegiatan trading Nasdaq, perlu dipelajari pula mengenai risiko dan keuntungan yang didapatkan. Tak hanya itu, istilah-istilah dalam dunia saham juga perlu dipelajari agar tidak kesulitan dalam proses trading. Semua ini dapat dipelajari dan dipahami melalui berbagai sumber informasi serta media pembelajaran saham.

Untuk pemula yang masih bingung mengenai trading Nasdaq dan istilahnya, dapat mengikuti kelas, webinar atau workshop mengenai trading di NQ100. Salah satunya adalah fasilitas belajar trading Nasdaq yang disediakan oleh Astronacci.

 

2. Menentukan Indeks

Terdapat banyak sekali jenis indeks di Nasdaq. Pilihlah jenis indeks saham dengan kualitas terbaik di sana. Perhitungan indeks di Nasdaq sangat penting karena membatasi pengaruh perusahaan paling atas dan membantu menyeimbangkan perusahaan dalam indeks. Meski tidak ada perusahaan NQ100 yang memiliki porsi lebih dari 24 persen, namun pergerakannya tetap dapat mempengaruhi indeks.

 

3. Analisis Pergerakan Market

Tips trading Nasdaq berikutnya adalah melakukan analisis saham untuk memahami indikator dan semua yang berhubungannya. Jika sudah dianalisis dengan benar, kamu akan tau kapan harus membeli dan menjual saham NQ100.

 

4. Memantau Perkembangan Saham

Menganalisis saham dalam trading Nasdaq juga perlu melalui pemantauan yang menyeluruh. Pemantauan harus aktif dan rutin dilakukan. Melalui pemantauan ini, saham yang tepat dapat ditemukan di NQ100. Hal ini bisa dipelajari melalui kelas trading Nasdaq seperti yang disediakan Astronacci.

 

5. Sesuaikan dengan Modal yang Tepat

Sebelum mulai trading Nasdaq, perhatikan modal yang ada. Jangan lupa menerapkan money management untuk mengamankan modal. Terlebih lagi trading Nasdaq bisa menggunakan leverage, bukan sekedar jumlah margin.

 

Makin Yakin Trading Nasdaq Bersama Astronacci

Nah, setelah mengetahui strategy yang bisa dilakukan agar bisa cuan trading di Nasdaq, sekarang jadi makin yakin kan untuk belajar lebih dalam di saham yang satu ini? Tapi ga perlu khawatir kalau kamu ga ada banyak waktu untuk pantau market dan Analisa pergerakan harga setiap waktu, karena Astronacci punya banyak solusi untuk kamu yang profit konsisten di dunia trading.

Butuh Konsultasi?

Hubungi Kami